ANALISIS PENGGUNAAN SUSU KAPUR DAN KALSIUM SAKARAT TERHADAP KUALITAS NIRA ENCER DI PABRIK GULA BONE ARASOE

Penulis

  • Nur Fitriana Ramadhan Politeknik ATI Makassar
  • Andi Arninda Politeknik ATI Makassar
  • Sri Diana Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Pemurnian, nira encer, kalsium sakarat, susu kapur, pH

Abstrak

Kalsium sakarat merupakan bahan tambahan dalam pemurnian nira di Pabrik Gula. Kalsium sakarat dibuat dari mencampur susu kapur dan nira (baik nira mentah, nira encer atau nira kental). Kalsium sakarat yang umum digunakan adalah sakarat nira kental, untuk mencapai pH 11, rasio volume susu kapur dengan nira kental umumnya 1:7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kalsium sakarat terhadap kualitas nira encer di Pabrik Gula Bone Arasoe. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pabrik Gula Bone, Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 16 - 22 November 2021. Teknik pengumpulan data adalah pengujian laboratorium. Metode penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui pengaruh penggunaan kalsium sakarat terhadap kualitas nira encer.

Hasil penelitian dan analisa laboratorium dengan menggunakan parameter brix, pol, HK, pH, waktu pengendapan, dan turbiditas dengan menggunakan susu kapur dan kalsium sakarat. Hasil analisa nira encer menggunakan susu kapur berdasarkan parameter brix, pol, HK, pH, dan turbiditas berturut-turut 13,42%, 12,28%, 91,51, 8,03%, dan 1608 NTU sedangkan analisa nira encer menggunakan kalsium sakarat berturut-turut 14.22%, 13,32%, 93,67%, 7,60%, 1485 NTU. Hasil analisa ini sesuai standar di Pabrik Gula Bone Arasoe, untuk standar nilai brix, pol, HK, pH, dan turbiditas berturut-turut >11%, >11%, >75, 7-8, <1500. Dari hasil penilitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan kalsium sakarat kualitas nira encer jauh lebih jernih daripada menggunakan susu kapur.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Ramadhan, N. F., Arninda, A., & Diana, S. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN SUSU KAPUR DAN KALSIUM SAKARAT TERHADAP KUALITAS NIRA ENCER DI PABRIK GULA BONE ARASOE. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 9(1), 189–193. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/322

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama