REDESIGN KEMASAN PRODUK COKELAT TOPLES ANEKA RASA CV. KASIH DAN SAYANG DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Penulis

  • Della Ginza Ramadhan Politeknik ATI Makassar
  • Amrin M Politeknik ATI Makassar
  • Musdalifah Politeknik ATI Makassar
  • Muhammad Rifqi Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Redesign, Kemasan, Quality Function Deployment

Abstrak

CV. Kasih dan Sayang merupakan salah satu Industri Kecil dan Menengah (IKM) pembuatan cokelat di Kota Makassar. Salah satu produk CV. Kasih dan sayang adalah cokelat toples aneka rasa. Kemasan cokelat menggunakan toples plastik segi enam, font yang kecil pada label serta keterangan label belum lengkap. Jika disandingkan dengan produk lain, kemasan cokelat toples aneka rasa tidak memiliki ciri khas tersendiri yang menggambarkan kota makassar sesuai dengan visi IKM. Untuk itu diperlukan perancangan ulang desain kemasan cokelat toples aneka rasa untuk menghadapi persaingan dan memenuhi kebutuhan konsumen terutama konsumen yang ingin membeli cokelat sebagai oleh-oleh dari Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang desain ulang kemasan cokelat toples aneka rasa untuk meningkatkan daya tarik pelanggan dan daya saing produk. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal kriteria kemasan yang diberi prioritas, yang mendapat peringkat 1-3 adalah desain kemasan yang diterapkan dengan teknik pencetakan stiker, penggunaan kaleng sebagai bahan kemasan, dan penggunaan warna cokelat pada kemasan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Ramadhan, D. G., M, A., Musdalifah, & Rifqi, M. (2023). REDESIGN KEMASAN PRODUK COKELAT TOPLES ANEKA RASA CV. KASIH DAN SAYANG DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 10(1), 164–170. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/659

Terbitan

Bagian

Topik Teknik dan Manajemen Industri

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama