USULAN DESAIN KEMASAN SAMBAL UDANG MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING

Penulis

  • Masrifah To Sagena Universitas Muslim Indonesia
  • Dirgahayu Lantara Universitas Muslim Indonesia
  • Irma Nur Afiah Universitas Muslim Indonesia
  • Rahmaniah Malik Universitas Muslim Indonesia

Kata Kunci:

Pengembangan produk, Value engineering, FAST, Desain kemasan, Sambal udang

Abstrak

Desain kemasan sebuah produk menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Pemilihan desain yang
tepat akan mampu meningkatakan penjualan sebuah produk. Tujuan penelitian ini adalah mendesain
kemasan sambal udang yang menarik sehingga mendapatkan respon positif oleh calon pembeli dan
produk sambal udang dapat laku dan bersaing di pasar modern seperti minimarket dan supermarket.
Metode pengembangan kemasan yang dilakukan dengan pendekatan pengembangan produk dan value
engineering dengan mengembangkan performansi berdasarkan keinginan konsumen dengan
menggunakan metode FAST (Function Analysis System Technique). Hasil identifikasi kebutuhan
konsumen, tahap pengujian dan pemilihan alternatif-alternatif konsep pengembangan kemasan
terhadap analisa konsep maka akhir dari produk kemasan sambal udang terpilih adalah alternatif desain
kemasan C dengan spesifikasi kemasan berbentuk slim tabung, berbahan plastik, memiliki merek dagang
“Sambal Ngawur” memiliki informasi lengkap terkait produk, menggunakan perpaduan warna merah &
orange,menggunakan jenis segel bulat sumpel, harga Rp. 20.000, stiker kemasan menggunakan stiker
chrome, dengan ukuran/netto kemasan 150 gr, dan menggunakan kemasan yang bisa digunakan
kembali agar ramah lingkungan. Dengan kemasan hasil usulan diharapkan mampu meningkatkan
pemasaran produk sambal udang

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-08

Cara Mengutip

Sagena, M. T. ., Lantara, D. ., Afiah, I. N. ., & Malik, R. . (2022). USULAN DESAIN KEMASAN SAMBAL UDANG MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 8(1), 208–212. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/217