Pemodelan Aplikasi QCC/QCP Berbasis Website untuk Mendukung Pelaksanaan Total Quality Management pada PT Gemala Kempa Daya
Kata Kunci:
TQM, Website, UML, BPMN, AutomotiveAbstrak
PT Gemala Kempa Daya (PT GKD) merupakan perusahaan bergerak di bidang otomotif. Perusahaan tersebut merupakan supplier resmi di bidang manufaktur frame chasis dan press part underbody vehicle. Setiap tahunnya perusahaan melakukan program Total Quality Management(TQM) melalui sub-program QCC (Quality Control Circle) atau QCP (Quality Control Project) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan melalui perbaikan berkelanjutan dan keterlibatan seluruh organisasi yang ditujukan untuk memuaskan keinginan konsumen dengan cara yang paling efektif dan efisien. Penelitian ini memodelkan aplikasi yang diharapkan dapat membantu seluruh circle melakukan pembuatan risalah dengan terstruktur dan transparan, serta ter-digitalisasi. Karena sebelumnya untuk program QCC/QCP masih menggunakan sistem dokumentasi manual menggunakan lembar kertas risalah, sehingga komite cukup kesulitan untuk melakukan monitoring dan evaluasi progress terhadap semua circle dalam cakupan divisi, departemen, seksi, bahkan line yang terdaftar pada program QCC/QCP tersebut. Penelitian mempraktikkan 3 dari tahap pada waterfall software process model yaitu Communication, Planning dan Modeling. Masing-masing tahap dibantu dengan 2 alat pemodelan yaitu Business Process Modelling Notatiton (BPMN) dan Unified Modelling Language (UML). Penelitian ini menghasilkan usulan untuk meringkas Proses Bisnis pada 2 kegiatan utama QCC/QCP serta pemodelan aplikasi berbasis website dengan kebutuhan peran, aktifitas dan alur logika aplikasi yang dapat mempermudah proses pengembangan aplikasi.