PERANCANGAN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREKRUTAN KARYAWAN YANG BERBASIS ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : PT. XYZ)

Penulis

  • Muhammad Basri Politeknik ATI Makassar
  • Riskawati Politeknik ATI Makassar
  • Mauliana Kirania Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

AHP, Perekrutan, Karyawan

Abstrak

PT. XYZ merupakan Industri pengolahan gandum menjadi tepung terigu. Kendala yang dihadapi PT. XYZ ialah proses perekrutan pegawai masih dilakukan secara manual, dimana HRD harus memeriksa satu persatu data pelamar sesuai kebutuhan, selain itu belum adanya pembobotan prioritas dari setiap kriteria dan sub kriteria yang membuat pihak HRD sulit dalam menentukan pelamar yang akan diterima sehingga proses perekrutan berjalan dengan lambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan sistem pengambilan keputusan perekrutan karyawan yang berbasis analytical hierarchy process (AHP). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah rancangan sistem pengambilan keputusan perekrutan karyawan berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan proses rekrutmen pada PT. XYZ menggunakan 3 kriteria yaitu administrasi, tes tertulis, dan wawancara serta 11 sub kriteria dengan CR<10% yang menunjukkan kriteria dan sub kriteria dapat diterima. Dari perhitungan yang telah dilakukan terhadap 3 kandidat pelamar yang menghasilkan perankingan dimana pelamar 2 memperoleh prioritas tertinggi dengan bobot keseluruhan yaitu 0,412.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Basri, M., Riskawati, & Kirania, M. (2023). PERANCANGAN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREKRUTAN KARYAWAN YANG BERBASIS ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : PT. XYZ). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 10(1), 34–40. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/560

Terbitan

Bagian

Topik Teknik dan Manajemen Industri

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama