EFEK LINGKUNGAN KERJA DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KARYAWAN GUDANG PT. SAD INDONESIA)

Penulis

  • Candrianto Politeknik ATI Padang
  • M. Arifin Politeknik ATI Padang
  • Miratul Hasni Politeknik ATI Padang
  • Maria Isfus Senjawati Politeknik ATI Padang

Kata Kunci:

Efek lingkungan kerja, Keselamatan kesehatan kerja, Kinerja, Karyawan, Kepuasan kerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar efek lingkungan kerja dan keselamatan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Studi Kasus pada Karyawan Gudang PT. SAD Indonesia). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui survei dan mengedarkan kuisioner dengan sampel 58 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis jalur menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji-t bahwa efek lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepuasan kerja dengan tingkat signifikansi 0,247 > 0,05, keselamatan kesehatan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan tingkat signifikan 0,011< 0,05, keselamatan kesehatan kerja secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikan 0,304 > 0,05. Pengaruh langsung kepuasan kerja memediasi hubungan efek lingkungan kerja dengan kinerja karyawan lebih besar 0, 234 > 0,01 sedangkan kepuasan kerja mampu memediasi hubungan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan lebih kecil  - 0,246 > 0,07.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Candrianto, Arifin, M., Hasni, M., & Senjawati, M. I. (2023). EFEK LINGKUNGAN KERJA DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KARYAWAN GUDANG PT. SAD INDONESIA). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 10(1), 23–27. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/546

Terbitan

Bagian

Topik Teknik dan Manajemen Industri