ANALISIS PEMILIHAN AUTHORIZED SERVICE CENTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP) PADA BAGIAN SERVICE CENTER DI PT. ATI

Penulis

  • Mohammad Mawan Arifin Universitas Borobudur
  • Wahyu Inggar Fipiana Universitas Borobudur
  • Muhammad Wahid Universitas Borobudur

Kata Kunci:

Authorized service center, Service level agreement (SLA), Fault tree analysis (FTA), Analytical hierarcy process (AHP)

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisa pemilihan Authorized Service Center dengan
menggunakan metode Analytizal Hierarcy Process (AHP). Berdasarkan indikator permasalahan pada
kegiatan service center yang berorientasi kepada Service Level Agreement (SLA), dapat melakukan
pengkategorian kriteria-kriteria dalam pemilihan Authorized Service Center. Analisa indikator
permasalahan yang terjadi untuk parameter pekerjaan Out SLA dengan menggunakan metode Fault Tree
Analysis (FTA), mengkategorikan beberapa item penyebab yaitu; suku cadang, teknisi, alat kerja dan
konsumen, dimana dari beberapa penyebab utama tersebut, item suku cadang sangat dominan memiliki
waktu menunggu atau terbuang yang sudah distandarisasikan oleh pihak manajemen perusahaan PT
ATI sebesar 90 hari, jika hal ini terjadi maka sangat tidak baik dalam sisi pelayanan teknis PT. ATI. Analisa
bobot kriteria pemilihan Authorized Service Center dengan menggunakan metode Analytical Hierarcy
Process (AHP) memiliki beberapa kriteria yaitu biaya, fasilitas, kinerja, administrasi, pelayanan. Dimana
hasil analisa data dari kelima kriteria tersebut, biaya adalah kriteria yang dominan besar dengan nilai
1,880 point dalam menentukan Authorized Service Center yang tepat untuk ditunjuk bekerjasama dalam
melakukan pelayanan teknis ke para konsumen pemanas air PT. ATI. Biaya yang dimaksud dalam hal ini
adalah modal yang berkaitan dengan kesanggupan perihal rutinitas kegiatan operasional Authorized
Service Center.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-08

Cara Mengutip

Arifin, M. M. ., Fipiana, W. I. ., & Wahid, M. . (2022). ANALISIS PEMILIHAN AUTHORIZED SERVICE CENTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP) PADA BAGIAN SERVICE CENTER DI PT. ATI. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 8(1), 119–124. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/201