PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BETON SIAP PAKAI PADA PERUSAHAAN PT. VARIA USAHA BETON CABANG MAKASSAR

Penulis

  • Amrin M Politeknik ATI Makassar
  • M Hul Janna Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Strategi pemasaran, analisis SWOT, QSPM, pengolahan beton, penjualan

Abstrak

Strategi pemasaran berfungsih sebagai alat untuk mengatur arah setiap divisi agar mampu bekerja sama mencapai tujuan perusahaan. Adapun tempat penelitian ini berada di perusahaan PT Varia Usaha Beton Cabang Makassar, merupakan sebuah industri yang bergerak di bidang konstruksi yang mengelola beton. Adapun hasil penjualan pada tahun 2019 sampai 2022 mengalami penurunan sehingga pendapatan perusahaan menurun setiap tahunnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usulan strategi pemasaran yang akan digunakan oleh PT Varia Usaha Beton Cabang Makassar dalam meningkatkan penjualan melalui pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Identifikasi dilakukan melalui faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap penentuan strategi perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian prioritas strategi melalui QSPM yaitu  meningkatkan kualitas layanan dengan pengadaan uji tes kuat beton, berkolaborasi dengan perusahaan lain, meningkatkan kualitas produk, memaksimalkan megia pemasaran digital marketing, meningkatkan peran pemerintah, meningkatkan daya saing dan melayani pelanggan secara profesional, mengevaluasi hasil kinerja karyawan, memanfaatkan penyebaran brosur penjualan, menjaga ketersediaan bahan baku untuk konsumen umum.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Amrin M, & M Hul Janna. (2022). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BETON SIAP PAKAI PADA PERUSAHAAN PT. VARIA USAHA BETON CABANG MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 9(1), 100–106. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/306