OPTIMASI EKSTRAKSI MINYAK BIJI ALPUKAT DENGAN PELARUT N-HEXANA

Penulis

  • Achmad Qodim Program Studi Teknik Kimia Mineral Politeknik ATI Makassar
  • Dwi Setyorini Program Studi Teknik Kimia Mineral Politeknik ATI Makassar
  • Renova Panjaitan Program Studi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yeni Variana Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri Politeknik Negeri Lampung
  • Ansori Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61844/jtkm.v2i1.452

Kata Kunci:

Ekstraksi, Soklet, Yield, FFA, RSM

Abstrak

Produksi buah alpukat di Indonesia dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan terus menerus. Salah satu bagian dari alpukat yang masih belum dimanfaatkan maksimal adalah bagian bijinya. Biji alpukat ini memiliki berbagai potensi yang dapat digunakan. Diantaranya mengandung minyak nabati yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku biodiesel. Namun, waktu ekstraksi yang dibutuhkan biasanya memakan waktu lama. Dan suhu yang digunakan untuk mengekstrak minyak dari biji alpukat ini dibutuhkan suhu yang tinggi. Metode ekstraksi sokletasi merupakan salah satu dari beberapa metode ekstraksi yang digunakan untuk mengekstrak minyak dari biji alpukat. Pengaruh suhu dan waktu selama ekstraksi dipelajari dalam penelitian ini. Hasil penelitian dianalisa yield dan kadar asam lemak bebasnya. Hasil dari penelitian ini dianalisa agar memperoleh hasil yang optimal. Salah satu metode yang digunakan adalah Response Surface Methodology (RSM). Metode RSM ini digabungkan dan diterapkan untuk mengoptimalkan dan menganalisis kondisi ekstraksi. Faktor independen adalah suhu ekstraksi (100-110 oC), dan waktu ekstraksi (5-7 jam). Kondisi optimum ekstraksi adalah 103,041oC, dan 5,689 jam. Model prediksi yang diperoleh sebesar 12,518% untuk yield hasil ekstraksi dan kadar asam lemak bebas sebesar 1,489%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik, "Produksi Tanaman Buah-buahan," Biro Pusat Statistik, Jakarta, 2021.

R. Zulhida and H. S. Tambunan, "Pemanfaatan Biji Alpukat sebagai Bahan Pembuat Pati," Jurnal Kimia, pp. 144-148, 2013.

A. Risyad, R. L. Permadani and S. MZ, "EKSTRAKSI MINYAK DARI BIJI ALPUKAT (Persea Americana Mill) MENGGUNAKAN PELARUT N-HEPTANA," Jurnal Teknik Kimia USU, pp. 34-39, 2016.

S. D. P., Zulmanelis and Darsef, "Pembuatan Biodiesel Dari Minyak Biji Alpukat (Persea americana) Melalui Proses Transesterifikasi Langsung," Jurnal Riset Sains dan Kimia Terapan, pp. 23-28, 2019.

L. S. Dewi, Masrullita, Azhari, R. Dewi and L. Hakim, "KARAKTERISTIK MINYAK DARI BIJI ALPUKAT (Persea AmericanaMill) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI DENGAN PELARUT N-HEKSANA," Chemical Engineering Journal Storage, pp. 27-37, 2022.

A. Q. Syafaatullah, Y. Variyana, Ni’maturRohmah, I. Mufaidah and A. Q. A’yun, "Optimization of Ultrasound-AssistedExtraction Parameters from IndigoferaTinctoria L using Response SurfaceMethodology," Journal of Research and Technology, pp. 175-185, 2021.

S. Animah, "Optimasi Proses Ekstraksi Minyak Biji Alpukat (Persea americana Mill) Menggunakan Metode Soxhlet," Universitas Brawijaya, Malang, 2018.

A. Q. Syafa'atullah and M. Mahfud, "Optimization Extraction of Indigofera tinctoria L. usingMicrowave-assisted Extraction," OP Conference Series: Materials Science and Engineering, pp. 1-7, 2021.

Y. Yuniati, A. Q. Syafa’atullah, L. Qadariyah and M. Mahfud, "2022Ekstraksi Zat Warna Kelopak Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) DenganMetode Ekstraksi Berbantuan Ultrasonik dan Aplikasinya Untuk Minuman," Journal of Chemical ProcessEngineering, vol. 7, no. 2, pp. 79-84, 2022.

A. Q. S., "KINETIKA EKSTRAKSI LAWSONIA INERMIS L. MENGGUNAKANULTRASOUND-ASSISTED EXTRACTION DENGAN PELARUT AIR," Jurnal Teknik Kimia Mineral, vol. 1, no. 2, pp. 1-5, 2022.

L. Qadariyah, R. Panjaitan and M. Mahfud, "Optimization microwave assisted transesterification insitu forbiodiesel production from Chlorella sp. using response surfacemethodology," IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, pp. 1-9, 2021.

R. Novella and A. Purwanti, "PENGAMBILAN MINYAK NABATI DARI BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL) DENGAN PELARUT N-HEKSANA," Jurnal Inovasi Proses, vol. 4, no. 2, pp. 75-80, 2019.

L. Marlina and D. W. Pratama, "PENGAMBILAN MINYAK BIJI ALPUKAT DENGAN METODE EKSTRAKSI," Jurnal TEDC, vol. 12, no. 1, pp. 32-37, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-29

Cara Mengutip

[1]
A. Qodim, D. Setyorini, R. Panjaitan, Y. Variana, dan Ansori, “OPTIMASI EKSTRAKSI MINYAK BIJI ALPUKAT DENGAN PELARUT N-HEXANA”, JTKM, vol. 2, no. 1, hlm. 53–59, Jun 2023.