PENGARUH VOLATILE MATTER DAN ZAT ADITIF TERHADAP STABILITAS COAL WATER FUEL (CWF)

Penulis

  • Nurhikma Program Studi Teknik Kimia Mineral, Politeknik ATI Makassar
  • Sri Diana Program Studi Teknik Kimia Mineral, Politeknik ATI Makassar
  • Achmad Qodim Syafaatullah Program Studi Teknik Kimia Mineral, Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/jtkm.v2i2.688

Kata Kunci:

Coal water fuel, Volatile matter, Zat aditif, Stabilitas

Abstrak

Coal Water Fuel (CWF) merupakan campuran dari limbah batu bara dan air dengan perbandingan tertentu membentuk suspensi kental dengan penambahan zat aditif sebagai pengikat batu bara dan air. CWF berfungsi sebagai bahan bakar alternatif dengan memperhatikan tingkat stabilitas, seperti mengenai sedimentasi dan uji nyala. Uji nyala dari CWF dipengaruhi oleh kandungan volatile matter yang terkandung pada batu bara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental laboratorium dengan tujuan mengetahui pengaruh volatile matter dan zat aditif terhadap stabilitas CWF. Data dikumpulkan dengan cara uji laboratorium yaitu melakukan pengamatan dan pengujian langsung terhadap sampel dengan variasi kandungan volatile matter 45,1% dan 42,0%, jenis zat aditif Carboxy Methyl Cellulose (CMC) dan Polystrene Sulfonat (PS), dan jumlah penambahan zat aditif 0.1% - 0.5%. Hasil uji nyala yang paling baik yaitu sampel CWF dengan volatile matter 45,1% dan sampel yang menggunakan zat aditif CMC waktu terpantiknya rata-rata 7 detik. CWF yang paling baik pada uji sedimentasinya yaitu CWF yang menggunakan zat aditif CMC dengan konsentrasi 0,5% karena sampel ini lebih terdispersi dengan baik dibanding sampel lainnya, sehingga sampel yang paling baik stabilitasnya yaitu volatile matter 45.1%, dan zat aditif CMC dengan konsentrasi 0,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Z. Berlian, Ilmu Alamiah Dasa, Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Sosial Dasar, Malang: PT. Cita Intras Selaras, 2020.

Papalangi, I. P. Mulyanto dan P. Manik, “Studi Perancangan Tongkang pengangkut Limbah Batu Bara si PLTU tanjung Jati B Jepara,” Jurnal Teknik Perkapalan, p. 4, 2015.

B. Setianto, Prospek Investasi Saham Tambang Batubara Bukit Asam Per Laporan Keuangan Q1, Jakarta: BSK Capital, 2016.

Sukandarrumidi, Batubara dan Gambut, Yogyakarta: Gadjah Madah University, 1995.

Sukandarrumidi, Batubara dan Pemanfaatannya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

A. Yakub, Buku Pegangan, Tentang Kualitas Batubara, Edisi Kedua, Bandung: Rb, 2006.

N. Kamal, “Pengaruh Bahan Aditif CMC (Carboxy Methyl Cellulose) Terhadap Beberapa Parameter pada Larutan Surkosa,” Jurnal Teknologi, p. 78, 2014.

[Setiyadi, S. Lourentius, E. Ariella dan G. Prema, “Menentukan Persamaan Kecepatan Pengendapan Pada Sedimentasi,” Jurnal Teknik Kimia, p. 9, 2017.

F. R. Pratama, Solihin dan Sriyanti, “Kajian Pembuatan Coal Water Mixture dari Batubara Sorong Sebelum Upgrading dan Setelah Upgrading,” Jurnal Prosiding Teknik Pertambangan, p. 80, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

[1]
Nurhikma, S. Diana, dan A. Q. Syafaatullah, “PENGARUH VOLATILE MATTER DAN ZAT ADITIF TERHADAP STABILITAS COAL WATER FUEL (CWF)”, JTKM, vol. 2, no. 2, hlm. 108–110, Des 2023.