ANALISIS KADAR CAO BEBAS DAN LIME SATURATION FACTOR (LSF) PADA KLINKER DI PT. SEMEN BOSOWA MAROS

Penulis

  • Herlina Rahim Politeknik ATI Makassar
  • Muh. Maulana Basir Politeknik ATI Makassar
  • Sri Diana Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/jtkm.v2i1.389

Kata Kunci:

semen, klinker, lime saturation factor, CaO bebas, bahan korektif

Abstrak

Klinker adalah bahan utama dalam pembuatan semen dari paduan batu kapur dan tanah liat dengan tambahan bahan korektif pasir silika dan pasir besi. Untuk mendapatkan kualitas semen yang baik sangat bergantung pada kualitas klinker yang digunakan. Ada beberapa pengujian kualitas klinker yang paling perlu dilakukan pada PT. Semen Bosowa Maros yaitu pengujian kadar CaO bebas dan lime saturation factor (LSF). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kadar CaO bebas dan lime saturation factor (LSF) pada klinker di PT. Semen Bosowa Maros dengan menggunakan X-Ray Fluorescence. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dalam bentuk eksperimental dengan melakukan pengamatan langsung dengan alat X- Ray Fluorescence di PT. Semen Bosowa Maros.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar CaO bebas sebesar 1.24%, dengan CaO bebas terendah sebesar 0.81% dan CaO bebas tertinggi sebesar 2.19%. Sedangkan rata-rata lime saturation factor sebesar 95.80%, dengan lime saturation factor terendah sebesar 94.18% dan lime saturation factor tertinggi sebesar 98.81%. Dari 27 sampel hasil penelitian sebagian besar telah memenuhi standar mutu SNI 15-6514-2001 yaitu kadar CaO bebas maksimal 1.5% dan standar PT. Semen Bosowa Maros yaitu lime saturation factor sebesar 90% - 99%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. O. Young, Synthetic Structure of Industrial Plastics, 1st ed., vol. 1. New York: McGraw-Hill, 1964.

B. Rahmawatie and R. W. Damayanti, “Pengendalian Kualitas Produk Klinker Pada PT.XYZ dengan Menggunakan Grafik T2 Hotteling,” in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, May 2017, pp. 365–374.

D. Eberhard and E. Voges, “Digital single sideband detection for interferometric sensors,” in 2nd Intl Conf on Optical Fiber Sensors: OFS’84, 1984, pp. 381–386.

P. Sari, I. Andhini, P. Pramusanto, and S. Sriwidayati, “Analisa Klinker berdasarkan Lime Saturation Factor (LSF), Silica Modulus (SM) dan Alumina Modulus (AM) untuk Menjaga Kualitas Produk di PT Cemindo Gemilang Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten,” Universitas Islam Bandung, Bandung, 2018.

E. E. Reber, R. L. Mitchell, and C. J. Carter, “OXYGEN ABSORPTION IN THE EARTH’S ATMOSPHERE,” New York, 1968.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-29

Cara Mengutip

[1]
H. Rahim, M. M. Basir, dan S. Diana, “ANALISIS KADAR CAO BEBAS DAN LIME SATURATION FACTOR (LSF) PADA KLINKER DI PT. SEMEN BOSOWA MAROS”, JTKM, vol. 2, no. 1, hlm. 7–10, Jun 2023.