Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode RULA (Rapid Upper Limb Assesment) pada Pekerja Sortir Rumput Laut PT. Bantimurung Indah

Authors

  • Arminas Arminas Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Makassar
  • Muhammad Basri Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Makassar
  • Nurmaya Fatahuddin Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Makassar

Keywords:

ergonomi, postur kerja, RULA (Rapid Upper Limb Assesment), penyortiran

Abstract

Postur kerja yang kurang baik akan menyebabkan ketidaknyamanan operator dalam melakukan pekerjaannya jika dilakukan secara terus menerus, dapat terjadi kelelahan kerja dan juga dapat terjadi keluhan musculoskeletal. PT. Bantimurung indah merupakan perusahaan pengolahan rumput laut setengah jadi, pada bagian penyortiran pekerjaan masih dilakukan secara manual dengan posisi duduk dengan kaki yang terlipat dan posisi badan yang membungkuk serta leher yang tertekuk hal ini dinilai kurang ergonomis,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar resiko gangguan otot rangka (musculoskeletal disorder) berdasarkan nilai RULA dan memberikan usulan perbaikan pada perusahaan untuk mengurangi resiko musculoskeletal disorder. Dalam penelitian ini digunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA), yaitu sebuah metode untuk menilai postur, gaya dan gerakan suatu aktivitas kerja yang berkaitan dengan penggunaan anggota tubuh bagian atas. Pada postur kerja aktual pekerja 1 dan 8 mendapat grand score 6 yang termasuk action level 3, pekerja 2,3,4,5,6,7,9,10 mendapat grand score 4 yang termasuk action level 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ukhori, Endang. 2010, Skripsi: Hubungan Faktor Risiko Pekerjaan Dengan Terjadinya Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Tukang Angkut Penambang Emas Di Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Grandjean, E. Fitting the Task to the Man, 4th ed, Taylor & Francis INC, London. 1993.

Harvian Adhi Nugraha, M.A. 2013. Analisa Perbaikan Postur Kerja Operator Menggunakan Metode RULA Untuk Mengurangi Resiko Musculoskeletal. Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 229-240.

Humantech Inc. Applied Ergonomic Training Manual. Berkeley Vale Australia: Protector and Gamble Inc. 1995.

Masitoh, Dewi. 2016, Skripsi: Analisis Postur Tubuh Dengan Metode Rula Pada Pekerja Welding Di Area Sub Assy Pt. Fuji Technica Indonesia Karawang. Sebelas Maret. Surakarta.

Tarwaka, Bakri; SHA, Sudiajeng, L. Ergonomi untuk Keselamatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA PRESS. Surakarta. 2004.

Published

2022-01-13

How to Cite

Arminas, A., Basri, M. ., & Fatahuddin, N. (2022). Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode RULA (Rapid Upper Limb Assesment) pada Pekerja Sortir Rumput Laut PT. Bantimurung Indah. Majalah Teknik Industri, 26(2), 33–38. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/8