Identifikasi Human Error pada Proses Pengolahan Air Minum dalam Kemasan dengan Metode SHERPA dan HEART pda IKM Air Kemasan ABC

Authors

  • Muhammad Basri Politeknik ATI Makassar
  • Andi Nurwahidah Politeknik ATI Makassar
  • Rezki Amalia Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v30i2.370

Keywords:

Produk Cacat, SHERPA, HEART

Abstract

IKM ABC merupakan perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK). Pada IKM ini sering ditemukan produk cacat yang disebabkan oleh manusia. Jenis cacat produk yaitu kurang volume air, lid terbuka, lid bocor, seal rusak. Penyebab cacat tersebut bisa disebabkan oleh mesin ataupun kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi human error yang dapat mengakibatkan cacat produk AMDK dengan menggunakan metode SHERPA dan HEART. Hasil penelitian dengan menggunakan metode SHERPA yaitu dapat diketahui ada 6 jenis human error yang bisa terjadi pada proses pengemasan air, proses pengepresan dan pemasangan label, dan proses packing dengan probabilitas yang terjadi yaitu low dan high. Dengan menggunakan metode HEART dapat diketahui probabilitas human error yang dapat terjadi pada proses pengemasan air pada task1.1 yaitu sebesar 0,07 dan pada task 1.2 yaitu sebesar 0,46, Probabilitas human error yang dapat terjadi pada proses pengepresan dan pemasangan label pada task 2.1 yaitu sebesar 0,53 dan pada task 2.2 yaitu sebesar 0,40 , Probabilitas human error yang dapat terjadi pada proses packing pada task 3.1 yaitu sebesar 0,06 dan pada task 3.2 yaitu sebesar 0,09. Nilai HEP tertinggi sebesar 0,53 yaitu terdapat pada proses pengepresan dan pemasangan label pada task 2.1 memeriksa suhu mesin press.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Basri, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

Andi Nurwahidah, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

Rezki Amalia, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

References

Kirwan, B. 2017. A guide To Practical Human Reliability Assessment. CRC Press.

Alatas, A.H & Putri, R.J.K. 2017. Identifikasi Human Error pada Proses Produksi Cassava Chips dengan menggunakan metode Sherpa dan Heart di PT Indofood Fritolay Makmur. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 11(1), 98-110.

Rahmania, T., Ginting, E., &Kes, B.M. 2013. Analisa Human Error dengan Metode SHERPA dan HEART pada kecelakaan kerja di PT XYZ. Jurnal Teknik Industri USU, 2(1) 58-65.

Sandersm M. S., & McCormik, E.J. 1993. Human Factors in Engineering and Design. Mc Graw-Hill Education.

Zatli, Sri. 2021. Analisis Human Error dengan Pendekatan Sherpa dan Heart pada Produksi Batu Bata UKM Yasin, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol 7 No 2 Desember, 147-156.

Published

2022-12-31

How to Cite

Basri, M., Nurwahidah, A., & Amalia, R. (2022). Identifikasi Human Error pada Proses Pengolahan Air Minum dalam Kemasan dengan Metode SHERPA dan HEART pda IKM Air Kemasan ABC. Majalah Teknik Industri, 30(2), 1–6. https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v30i2.370