Integrasi Manajemen Risiko dalam Pengelolaan Sistem Manajemen K3 Pegawai di Industri Manufaktur

Authors

  • Nur Khaerani Busri Politeknik ATI Makassar

Keywords:

Manajemen Risiko, SMK3, Metode Delphi

Abstract

 

Penerapan SMK3 pada PT. Manufaktur X masih sulit untuk dilakukan disebabkan pola kebiasaan dalam melakukan pekerjaan. Berbagai program yang telah diterapkan belum menjadi jaminan bagi keselamatan dan kesehatan pekerja jika tidak diikuti kesadaran dan kepedulian dari pekerja itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengintegrasikan Manajemen Risiko ke dalam pengelolaan SMK3 Pegawai untuk mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi dalam pengelolaan SMK3 Pegawai di PT. Manufaktur X dengan metode Delphi serta melakukan serangkaian upaya mitigasi dalam penanganan risiko yang mungkin terjadi. Beberapa faktor risiko yang diidentifikasi dari metode Delphi adalah beberapa pegawai tidak menggunakan wearpack pada saat bekerja, tidak menggunakan ear plug pada daerah yang tingkat kebisingannya cukup tinggi, tidak menggunakan kacamata pada aktifitas yang beresiko terhadap mata, tidak menggunakan helm kerja, tidak ada pengawasan K3 terhadap pekerja, posisi hindrant tidak strategis, tidak adanya jalur evakuasi jika terjadi kejadian yang tidak terduga seperti ledakan, kebakaran ataupun gempa bumi, serta kurang bersihnya sanitasi baik itu di WC maupun di kantin perusahaan. Adapun langkah mitigasi yang diusulkan adalah membuat aturan penggunaan APD yang lebih ketat, merekrut pengawas K3, membuat jalur evakuasi, serta membuat sistem sanitasi kerja yang baik sesuai standar kesehatan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Khaerani Busri, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

References

Munawaroh, S., Hanifa, F. M., Wiyono, N., Hastami, Y., Kartikasari, M. N., & Hermasari, B. K. (2018). Teknik Delphi: Konsensus Materi Anatomi Sistem Sirkulasi untuk Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia - The Indonesian Journal of Medical Education, 107-117.

Pramana, Tony, 2011. Manajemen Risiko Bisnis, Penerbit Sinar Ilmu, Jakarta.

Rahayu, Astuti., 2008. Kabupaten Gunung Kidul: Sebuah Kajian Wilayah yang Kurang Berkembang. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Rum, I. A., & Heliati, R. (2018). Modul Metode Delphi. Bandung: Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN BAPPENAS.

Sepang, B. A., Tjakra, J., Langi, J., & Walangitan, D. (2013). Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Pembangunan Ruko Orlens Fashion Manado. Jurnal Sipil Statik, 282-288.

Widiasih, W., Karningsih, P. D., & Ciptomulyono, U. (2015). Identifikasi Risiko Pada Saat Implementasi Lean Manufacturing Dengan Metode Delphi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIII.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Busri, N. K. (2022). Integrasi Manajemen Risiko dalam Pengelolaan Sistem Manajemen K3 Pegawai di Industri Manufaktur. Majalah Teknik Industri, 28(1), 21–27. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/49