Analisis Postur Kerja pada Proses Pengepakan di PT. Philnesia International Semarang dengan Metode REBA dan RULA

Authors

  • Nicolas Hutasoit Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal
  • Tri Ernawati Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal
  • Zain Amarta Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal

Keywords:

Penilaian pekerja, REBA, RULA, proses pengepakan

Abstract

PT. Philnesia International Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Indoor dan Outdoor Furniture Manufacturer dengan jenis industri (KLUI) mebel dari kayu. Salah satu proses produksi di PT. Philnesia International Semarang yang masih bersifat manual adalah proses pengepakan (packing). Pekerja mengeluhkan rasa sakit dan kelelahan pada bagian tubuh. Penelitian tentang analisis postur kerja pada proses pengepakan dilakukan agar pekerja tidak mengalami rasa sakit dan kelelahan. Penelitian dilakukan dengan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai postur kerja pada proses pengepakan di PT. Philnesia International Semarang dengan metode REBA adalah 9 dan RULA adalah 7. Nilai tersebut menunjukkan bahwa postur kerja harus segera diperbaiki dan dilakukan perancangan fasilitas yang mendukung kenyamanan pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nicolas Hutasoit, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal

Prodi Desain Furnitur

Tri Ernawati, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal

Prodi Desain Furnitur

Zain Amarta, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal

Prodi Desain Furnitur

References

Briansah, A.O. 2018. Analisa Postur Kerja yang Terjadi untuk Aktivitas dalam Proyek Konstruksi Bangunan dengan Metode RULA di CV. Basani. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Mayasari, D. 2008. Analisis Perbaikan Fasilitas Kerja di Bagian Pengolahan Susu Sapi Murni di Perusahaan Susu Sapi Mulia - Sidoarjo. Tugas Akhir. Universitas Surabaya, Surabaya.

Setiowati, D. 2010. Analisis Kelelahan Kerja dengan Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) pada Terminal Cargo Polonia Medan. Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sulaiman, F. dan Sari Y.P. 2016. Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengesahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode REBA. Jurnal Teknovasi. Vol 3 (1): 16-25.

Wahyuniardi, R. dan Reyhanandar, D.M. 2018. Penilaian Postur Operator dan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode RULA dan REBA. Jurnal Teknik Industri. Vol 13 (1): 45-5.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Hutasoit, N., Ernawati, T., & Amarta, Z. (2022). Analisis Postur Kerja pada Proses Pengepakan di PT. Philnesia International Semarang dengan Metode REBA dan RULA. Majalah Teknik Industri, 28(2), 20–27. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/62