Identifkasi Bahaya dan Analisa Risko Menggunakan Metode HIRARC dalam Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja di Mesin Spinning (Studi Kasus: Workshop Spinning AK-Tekstil Solo)

Authors

  • Mokh Afifuddin Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta
  • Hamdan S Bintang Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta
  • Bambang Yulianto Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta

Keywords:

APD, Bahaya, HIRARC, Keselamatan Kerja, Kecelakaan Kerja, Risiko

Abstract

Setiap pekerjaan selalu mengandung potensi risiko bahaya,  baik itu berbentuk kecelakaan atau penyakit yang disebabkan pekerjaan tersebut. Besarnya potensi risiko tergantung dari jenis tata ruang dan lingkungan bangunan serta kualitas manajemen dan tenaga-tenaga pelaksana. Upaya pencegahan kecelakaan kerja dapat direncanakan, dilakukan dan dipantau dengan melakukan studi karakteristik tentang kecelakaan agar uapaya pencegahan dan penanggulanganya dapat dipilih melalui pendekatan yang paling tepat. Penelitian kali ini akan mengidentifikasi  potensi-potensi bahaya dan menganalisa risiko serta upaya pengendaliannya pada workshop spinning di AK-Tekstil Solo dalam upaya mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Studi yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode HIRARC untuk menganalisa dan mengidentifikasi potensi bahaya serta risiko yang dapat terjadi dalam melaksanakan aktifitas kerja di workshop spinning. Hasil identifikasi risiko keselamatan kerja pada bagian mesin spinning digolongkan berdasarkan jenis bahaya keselamatan kerja yaitu bahaya mekanis, bahaya listrik dan bahaya fisik. Potensi bahaya yang terdapat pada aktifitas mesin spinning yaitu terdapat aktiftas dengan tingkat risiko medium. Selain itu juga terdapat 4 ketegori bahaya yang terdapat pada lingkungan workshop yang memiliki risiko rendah namun tingkat kemungkinan terjadinya sangat tinggi shingga akan menimbulkan dampak yang fatal. Pengendalian untuk potensi bahaya ini adalah dengan pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) pada saat bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, T. Y., Indarjo, S., & Wahyuningsih, A. S. (2015). Metode Hazard Identification Risk Assessment Control (HIRARC) dalam penyusunan Program K3 untuk Menurunkan Angka Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Bagian Pengamplasan PT Kota Jati Furnindo Jepara. Unnes Journal Health, 24-31.

Finance, D. (2018, Februari 06). Angka Kecelakaan Kerja RI Meningkat di 2017. Diambil kembali dari Detik.com: https://finance.detik.com/moneter/d-3853101/angka-kecelakaan-kerja-ri-meningkat-ke-123-ribu-kasus-di-2017

Ilfani, G. (2013). Analisis Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Pada PT Apac Inti Corpora Bawen Jawa Tengah Unit Spinning 2. Skripsi SE: Universitas.

Socrates, M. F. (2013). Analisis Risiko Keselamatan Kesehatan Kerja pada Alat Suspension Preheater Bagian Produksi di Plant 6 PT Indocement Tunggal prakarsa. Skripsi SKM: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Suma'mur, P. (1995). Hygiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT Gunung Agung.

Zamani, W. (2014). Identifikasi Bahaya Kecelakaan Unit Spinning Menggunakan Metode HIRARC di PT Sinar Pantja Djaja. Unnes Journal of Public Health, 1-9.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Afifuddin, M., Bintang, H. S., & Yulianto, B. (2022). Identifkasi Bahaya dan Analisa Risko Menggunakan Metode HIRARC dalam Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja di Mesin Spinning (Studi Kasus: Workshop Spinning AK-Tekstil Solo). Majalah Teknik Industri, 27(1), 19–25. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/29