Identifikasi Risiko Kerja pada Industri Pakan Ternak dengan Metode HIRARC (Studi Kasus: CV. X)

Authors

  • Ronaldi Saputra Politeknik ATI Makassar
  • A. Velahyati Baharuddin Politeknik ATI Makassar
  • Amrin Mangada Politeknik ATI Makassar

Keywords:

pakan ternak, Risiko kerja, IKM, HIRARC

Abstract

Industri pakan ternak adalah jenis industri yang populer di kalangan masyarakat baik dalam skala kecil, menengah maupun besar. Proses pengolahannya yang tergolong sederhana menjadikan usaha ini digeluti oleh banyak IKM. Hal ini menjadi perhatian karena jika tidak dikelola dengan baik proses pengolahan pakan ternak dapat memiliki potensi bahaya yang dapat mengancam jiwa pekerja produksi. Penelitian ini melakukan studi kasus pada CV. X di Sulawesi Selatan untuk mengidentifikasi dan melakukan analisis risiko dengan menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assesment And Risk Control (HIRARC). Penelitian ini mengidentifikasi risiko bahaya di tempat kerja, memberikan penilaian serta pengendalian kerja dengan mengkaitkan antara pekerja, tugas, peralatan kerja dan lingkungan kerja yang ada di CV. X. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rekomendasi perbaikan risiko kerja pada CV. X.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ronaldi Saputra, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

A. Velahyati Baharuddin, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

Amrin Mangada, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

References

AS/NZS 4360. (2004). 3rd Edition The Australian and New Zealand Standard on Risk: Risk Management Guide. Australia.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2018. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja. 27 April 2018. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 567. Jakarta.

Ramli, S. (2010). Pedoman Praktik Manajemen RIsiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat.

Socrates, M F. 2013. Analisis Risiko Keselamatan Kerja Dengan Metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment And Risk Control) Pada Alat Suspension Preheater Bagian Produksi Di Plant 6 dan 11 Field Ceteureup PT Indocement Tunggal Prakarsa. Jakarta.

Sucipto C D. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Penerbit Gosyen Publishing.

Suma’mur,P.K 1996. Hygene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta : CV. Toko Gunung Agung.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970. 12 Januari 1970. Keselamatan Kerja. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1970 Nomor 1. Jakarta.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Saputra, R., Baharuddin, A. V., & Mangada, A. (2022). Identifikasi Risiko Kerja pada Industri Pakan Ternak dengan Metode HIRARC (Studi Kasus: CV. X). Majalah Teknik Industri, 28(2), 65–71. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/71