Desain Rumah Pengeringan Rumput Laut (E. Cottonii) untuk Menghasilkan Produk Berkualitas Sebagai Penyedia Bahan Baku Industri yang Berkelanjutan

Authors

  • Suharman Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Agro
  • Sudarto Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Agro

Keywords:

Rumah pengeringan, rumput laut, SNI

Abstract

Penelitian tentang desain pengeringan rumput laut (E. Cottonii) untuk menghasilkan produk berkualitas sebagai penyedia bahan baku industri yang berkelanjutan dilakukan mengingat cara pengeringan rumput laut sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan.  Penelitian dilakukan dengan mendesain rumah pengeringan yang didasarkan pada berbagai referensi dan kebutuhan dan kondisi di lapangan.  Setelah dilakukan penerapan dari hasil desain rumah pengeringan produk dianalisa secara fisik (organoleptik) dan Analisa kimia.  Hasil Analisa menunjukkan bahwa pengeringan menggunakan rumah pengeringan yang didisain menghasilkan produk yang sesuai dengan standar (SNI).  Rumah pengeringan hasil desain dapat digunakan sepanjang tahun baik pada musim penghujan maupun pada musim kemarau.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suharman, Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Agro

Kementerian Perindustrian RI

Sudarto, Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Agro

Kementerian Perindustrian RI

References

Andi. P., Ranchmansyah. Emma Suryati. 2012. Budidaya Rumput Laut Penghasil Karaginan. Balai Penelitian dan Pengembangan Air Payau. Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Anonim. 2018a. Kembangkan Industri Rumput Laut terbentur infrastruktur yang masih bermasalah. Majalah Agroindustri.

Anonim, 2018b. Teknologi Pengolahan Rumput Laut Euchema. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jakarta.

Anonim, 2018c. 12 Negara jadi Tujuan Ekspor Rumput Laut. Andalan Masa depan. Majalah Agroindustri.

Agung Gde Ekayana. 2016. Rancang Bangun Alat Pengering Rumput Laut Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. JPTK UNDIKSHA, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, FTK, UNDIKSHA , Vol. 13, No. 1, Januari 2016 : 1 – 12

Andriani D. 2006. Pengelolaan rumput laut (Echeuma Cottonii) menjadi tepung ATC (Alkali Treated Cottonii) dengan jenis dan konsentrasi larutan alkali yang berbeda. Fakultas Pertanian dan Kehutanan, Universitas Hassanuddin. Makassar

Atmaja, W. S. Kadi A., Sulistijo, dan Satari, R., 1996. Pengenalan Jenis-jenis Rumput Laut Indonesia, Puslitbang Oseonologi LIPI, Jakarta.

Anggadiredja J.T, A. Zatnika, H. Purwanto dan Sri Istini, 2010. Rumput Laut, Pembudidayaan, Pengolahan dan Pemasaran Komoditas Perikanan Potensial. Penebar Swadaya.

Anggadiredja JT, Zatnika A, Purwoto H, Istiani S. 2008. Rumput Laut. Jakarta: Penebar Swadaya.

Diini F., Luthfi A. dan Zaenal, A.S. 2016. Karakteristik Dan Model Matematika Kurva Pengeringan Rumput Laut Eucheuma cottonii. JPB Kelautan dan Perikanan Vol. 11 No. 2 Tahun 2016: 159-170

Estu. N dan Endhay. K. 2015. Agribisnis Rumput Laut. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.

Jana. T. A., Achmad. Z., Heri. P dan Sri. I. 2010. Rumput Laut, Pembudidayaan, Pengolahan dan Pemasaran Komoditas Perikanan Potensial. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.

Parwata P. 2007. Optimalisasi Produksi Semi-Refined Carrageenan dari Rumput Laut Echeuma Cottonii dengan variasi teknik pengeringan dan kadar air bahan baku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains & Humaniora. Jurusan Analisis Kimia FMIPA Undiksha Bali.

Peraturan Presiden RI Nomor 33Tahun 2019. Peta Panduan (Road Map) Pengembangan Industri Rumput Laut Nasional Tahun 2018-2021.

Salim. Z dan Ernawati. 2015. Bunga Rampai Info Komoditi Rumput Laut. Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan. Penerbit Al Mawardi Prima. Jakarta.

Sukri N. 2006. Kiarakteristik Alkali Treated Cottonii (ATC) dan Karaginan dari rumput laut Echeuma Cottonii pada umur panen yang berbeda [skripsi]. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Wadli. 2005. Kajian pengeringan rumput laut menggunakan alat pengering efek rumah kaca [tesis]. Bogor: Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

[BRKP] Balai Riset Kelautan dan Perikanan. 2003. Pengolahan Rumput Laut. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan.

[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2013. Statistik Kelautan dan Perikanan. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan

[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2015. Statistik Kelautan dan Perikanan. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan

[SNI] Standar Nasional Indonesia SNI 01-2690-2015. 2015. SNI Rumput Laut Kering. Jakarta: Standar Nasional Indonesia.

Winarno FG. 1996. Teknologi Pengolahan Rumput Laut. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Published

2022-02-03

How to Cite

Suharman, & Sudarto. (2022). Desain Rumah Pengeringan Rumput Laut (E. Cottonii) untuk Menghasilkan Produk Berkualitas Sebagai Penyedia Bahan Baku Industri yang Berkelanjutan. Majalah Teknik Industri, 29(1), 34–44. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/77