Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Metode Adsorpsi Dengan Arang Aktif Serbuk Gergaji Kayu Sebagai Adsorben

Authors

  • Wahyudi Politeknik Negeri Samarinda
  • Andri Kurniawan Politeknik Negeri Samarinda
  • Mustafa Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v30i2.471

Keywords:

Adsorpsi, arang aktif, bilangan asam, bilangan peroksida

Abstract

Minyak goreng merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Pemakaian minyak goreng secara terus menerus pada temperatur tinggi dapat menghasilkan minyak bekas yang tidak layak konsumsi. Pada saat proses pemanasan tinggi minyak akan menghasilkan bilangan asam dan senyawa peroksida yang tinggi. Agar minyak jelantah dapat dimanfaatkan kembali, maka diperlukan pengolahan untuk meningkatkan kualitas minyak jelantah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kemampuan arang aktif dari serbuk gergaji kayu untuk menurunkan asam lemak bebas (ALB) dan bilangan peroksida agar dapat mengurangi penumpukan limbah minyak jelantah dan dapat meningkatkan kualitas minyak jelantah yang layak konsumsi serta memenuhi standar SNI 01-3741-2013. Pada penelitian ini dilakukan proses pemurnian dengan menggunakan metode adsorpsi dengan arang aktif dari serbuk gergaji kayu sebagai adsorben. Proses adsorpsi dilakukan dengan variabel massa yaitu 2 gram, 4 gram, 6 gram, 8 gram, 10 gram, 12 gram dan 14 gram. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pada massa 12 gram minyak memiliki bilangan asam sebesar 0,4333%, bilangan peroksida sebesar 2,7294 Mek/Kg. Ini menunjukan bahwa hasil bilangan asam lemak bebas dan bilangan peroksida minyak jelantah hasil pemurnian telah memenuhi syarat dari standar mutu yang ditetapkan oleh SNI sebagai syarat mutu minyak goreng.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahyudi, Politeknik Negeri Samarinda

Program Studi S1 Terapan Teknologi Kimia Industri, Jurusan Teknik Kimia

Andri Kurniawan, Politeknik Negeri Samarinda

Program Studi S1 Terapan Teknologi Kimia Industri, Jurusan Teknik Kimia

Mustafa, Politeknik Negeri Samarinda

Program Studi S1 Terapan Teknologi Kimia Industri, Jurusan Teknik Kimia

References

Badan Standarisai Nasional. (2013). Syarat Muru Minyak Goreng SNI 3762-13. Http://www.bsn.go.id. Diakses Pada Tanggal 16 Oktober 2019.

Manurung, Lasriyah. (2021). Pembuatan Arang Aktif Dari Serbuk Gergaji Kayu Melalui Proses Aktivasi Kimia Fisika Dengan Variasi Konsentrasi Aktivator KOH. Politeknik Negeri Samarinda

Midwar, D., Syaifullah, M., Faisal, M., Hasmita, I. (2018). Karakterisasi Nano Ziolit Teraktivasi ZnCl2 dan Aplikasinya pada Limbah Cair Pabrik Minyak Kelapa Sawit. Jurnal Teknik Kimia, Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Vol III, No 2. No ISSN: 2528-3561

Nasrun, D., Samangun, T., Iskandar, T., Ma’sum, Z. (2017). Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Arang Aktif Dari Sekam Padi. Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Tribbuwana Tunggadewi.

Suroso, Sulistijowati Asri. (2013). Kualitas Minyak Goreng Habis Pakai Ditinjau dari Bilangan Peroksida, Bilangan Asam dan Kadar Air. Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Badan Litbangkes, Kemenkes RI.

Wijayanti, H., Nora, H., Amelia, R. (2012). Pemanfaatan Arang Aktif Dari Serbuk Gergaji Kayu Ulin Untuk Meningkatkan Kualitas Minyak Goreng bekas. Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat.

Yustinah., Hartini. (2011). Adsorbsi Minyak Goreng Bekas Menggunakan Arang Aktif dari Sabut Kelapa. Jurnal Teknik Kimia No ISSN: 1693-4393.

Published

2023-06-25

How to Cite

Wahyudi, Kurniawan, A., & Mustafa. (2023). Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Metode Adsorpsi Dengan Arang Aktif Serbuk Gergaji Kayu Sebagai Adsorben. Majalah Teknik Industri, 30(2), 84–91. https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v30i2.471

Most read articles by the same author(s)