Implementasi Kaizen Dalam Meningkatkan 5S dan Menjaga Kualitas Hasil Praktik Pada Workshop Pertenunan di AK-Tekstil Solo

Authors

  • Hendri Pujianto Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta

Keywords:

5S, Kualitas, Kaizen, Workshop, Perbaikan Terus-menerus

Abstract

Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (AK-Tekstil Solo) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan Pendidikan level DII bidang Tekstil dan Produk Tekstil. AK-Tekstil Solo belum menerapkan kaizen dalam kegiatan organisasinya khususnya pada workshop. Jenis workshop yang diamati dalam penelitian ini adalah workshop pertenunan. Data observasi kondisi workshop diambil sebagai data awal penelitian ini. Terdapat 2 jenis masalah yang dapat diidentifikasi, yaitu tidak tersedianya tempat hasil praktik, suku cadang dan peralatan. Prioritas perbaikan yaitu masalah tidak tersedianya tempat hasil praktik. Solusi dari permasalahan ini adalah membuat tempat penyimpanan hasil praktik. Setelah dilakukan penerapan kaizen di workshop pertenunan dapat meningkatkan 5s pada area workshop dan membuat kualitas hasil praktik terjaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar, Y. Problem Solving Presentation. 2007.

Eko. Simple TBP (Toyota Business Practice) presentation. 2013.

M. Imai. Budaya Kaizen. Jakarta: Pustaka Utama. 2005

J. Heizer, B. Render, C. Munson. OPERATIONS MANAGEMENT: Sustainability and Supply Chain Management. 12th edition. Pearson. 2017.

Raedi, S. M. Wirawati, P. Gautama. Analisa Penerapan Gemba Kaizen di Area Workshop Pt Juhdi Sakti Engineering. Jurnal InTent. Vol. 1, No. 1, Juli-Desember 2018.

D. Tri, A. Rakhmanita, Anggraini. Implementasi Kaizen Dalam Meningkatkan Kinerja (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur di Tangerang). Jurnal Ecodemica. Vol. 3, No 2. September 2019.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Pujianto , H. (2022). Implementasi Kaizen Dalam Meningkatkan 5S dan Menjaga Kualitas Hasil Praktik Pada Workshop Pertenunan di AK-Tekstil Solo. Majalah Teknik Industri, 28(1), 43–49. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/54