Rancang Bangun Perangkat Virtual Reality (VR) Untuk Proses Commissioning Peralatan Workshop Manufaktur

Authors

  • Yuriadi Politeknik ATI Makassar
  • Zuingli Santo Bandaso Politeknik ATI Makassar
  • Julianti Habibuddin Politeknik ATI Makassar

Keywords:

Virtual Reality, Virtual Machine, Mikrokontroller, Printer 3D, commissioning

Abstract

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer. Teknologi VR umumnya digunakan dalam suatu bidang simulasi yang unik, seperti pada setiap bidang pekerjaan yang membutuhkan sikap kehati-hatian dalam bekerja atau pada proses commissioning peralatan industri manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak simulasi commissioning mesin pada workshop manufaktur. Perangkat keras dan lunak pada sistem ini terdiri dari atas perangkat headset atau headsetyang dibuat dengan menggunakan printer 3D. Hasil pembuatan perangkat keras dan lunak ini berupa peralatan virtual reality dengan konten visualisasi tiga dimensi dari bagian-bagian mesin yang ada pada workshop manufaktur, beserta petunjuk comissioning dan cara kerjanya. Proses ini diharapkan akan membantu operator pada workshop manufaktur dalam mengambil keputusan sebelum dilakukannya instalasi mesin untuk menghindari risiko kegagalan dan menjaga keamanan peralatan dan lingkungan workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuriadi, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

Zuingli Santo Bandaso, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Manufaktur Industri Agro

Julianti Habibuddin, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

References

A. Guttentag, Daniel. 2010. Virtual-Reality: Applications And Implications For Tourism, Journal Tourism Management.

Andrianto H. 2013. Pemrograman Mikrokontroler Arduino ATmega 328 Menggunakan Bahasa C. Penerbit Informatika. Bandung.

Bahar Y.N., Landrieu J., Pere C., Nicolle C. 2013. CAD Data Workflow toward the Thermal Simulation and Visualization in Virtual Reality. International Journal on Interactive Design and Manufacturing (IJIDeM) Springer. DOI: 10.1007/s12008-013-0200-5.ISSN 1955-2513.

Budihartono. 2010. Robot Vision. Penerbit Gramedia Pustaka. semarang.

Chalhoub, Jad., Steven K. Ayer. 2018. Using Mixed Reality for electrical construction design communication. Automation in Construction Journal 86 1–10.

Gunawan, T., & Rahardjo, J. 2016. Perancangan Desain Production Efficiency Dashboard untuk Akurasi Data Actual Working Hour pada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Jurnal Titra, 4(2), 1-6.

M. Dahl, K. Bengtsson, P. Bergag˚ard, M. Fabian, P. Falkman. Integrated Virtual Preparation and Commissioning: supporting formal methods during automation systems development 2016, IFAC (International Federation of Automatic Control) Hosting by Elsevier Ltd. All rights reserved.

Mehedi, Mohammad Hassan., Atif Alamri. 2016. Virtual Machine Resource Allocation for Multimedia Cloud: A Nash Bargaining Approach. International Symposium on Emerging Inter-networks, Communication and Mobility.

Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No. 2.

NR Raajan A, S.Suganya M. 2012. Augmented Reality Based Virtual Reality. International Conference on Modeling, Optimisation and Computing.

Nugraha, Yudi. 2014. Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Jurnal Desain Konstruksi Volume 13 No. 2.

Pieroa, Nils., Michael Schmitt. 2017. Virtual commissioning of camera-based quality assurance systems for mixed model assembly lines. 27th International Conference on Flexible Automation and Intelligent Manufacturing.

Rachel C. Coyner, P.E., Scott W. Kramer, Ph.D. 2017. Long Term Benefits of Building Commissioning: Should Owners Pay the Price? Creative Construction Conference Primosten, Croatia.

Saswade, Nikhil., Dr. Vinayak Bharadi, Yogesh Zanzane. 2016. Virtual machine monitoring in cloud computing. 7th International Conference on Communication, Computing and Virtualization.

Sihite, Berta, Febriliyan Samopa, dan Nisfu Asrul Sani. 2013. Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan

Umesh A. Bedse, Laukik P. Raut. 2016. Design Of A Graphical User Interface For Design Automation IJRET: International Journal of Research in Engineering and Technology, Volume: 05 Issue: 09.

Wang, Jinzhao.. 2012. Research on Application of Virtual Reality Technology in Competitive Sports. International Workshop on Information and Electronics Engineering (IWIEE).

Winarmo & Deni Arifianto.2011. Bikin Robot Itu Gampang. Penerbit Kawan Pustaka. Semarang.

Yongqiang Gao, Haibing Guan, Zhengwei Qi, Yang Hou, Liang Liu. 2013. A multi-objective ant colony system algorithm for virtual machine placement in cloud computing. Journal of Computer and System Sciences.

Yudi Nugraha Bahar. 2013. Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. urnal Desain Konstruksi Volume 13 No. 2

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Yuriadi, Bandaso, Z. S., & Habibuddin, J. (2022). Rancang Bangun Perangkat Virtual Reality (VR) Untuk Proses Commissioning Peralatan Workshop Manufaktur. Majalah Teknik Industri, 28(1), 28–36. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/52