Perancangan Forklift Manual dengan Kapasitas Angkat 200 Kg

Authors

  • Zuingli Santo Bandaso Jurusan Teknik Manufaktur Industri Agro Politeknik ATI Makassar
  • Kadek Mulyadi Jurusan Teknik Manufaktur Industri Agro Politeknik ATI Makassar

Keywords:

Forklift, safety factor, simulation, Autodesk

Abstract

Forklift pada umumnya digunakan pada gudang-gudang industri dan perusahaan-perusahaan logistik, sedangkan pada Workshop  Proses Produksi Politeknik ATI Makassar alat angkat ini sangat sulit untuk digunakan karena area untuk bermanuver (bergerak) sangat sempit pada saat pengangkatan barang. Peralatan yang digunakan untuk keperluan tersebut biasanya adalah alat-alat angkat yang cukup banyak jenisnya. Salah satu jenis alat angkat tersebut adalah Hand Forklift yang menggunakan sistem katrol tetap dan kawat baja sebagai pengangkat beban. Metode pengumpulan data yaitu studi pustaka dan metode perancangan alat yaitu berdasarkan analisa data dan Simulation Stress Analysis menggunakan aplikasi Autodesk Inventor Profesional 2015. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa  tegangan maksimum terjadi pada garpu sebesar 25,61 N/mm2, sedangkan  faktor keamanan (Safety Factor) yang diperoleh adalah minimum 8,08  yang terjadi pada garpu dan maksimum 15 terjadi pada rangka utama. Adapun  Defleksi maksimum yang terjadi pada ujung garpu angkat sebesar 0,4411 mm. Sedangkan Dimensi dari hand Forklift yaitu panjang 1005 mm, lebar 600 mm dan tinggi 1900 mm, dengan kapasitas angkat maksimum 200 kg, dan ketinggian angkat maksimum 1500 m dari permukaan tanah. Bahan yang digunakan untuk pembuatan hand forklift yaitu kombinasi dari profil baja UNP 65 dan 100 mm, besi siku 40 x 40 mm, roda, katrol, kawat baja dan motor listrik DC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan Anggi. 2014. Skripsi Analisa Kekuatan Struktur Crane Hook Dengan Perangkat Lunak Elemen Hingga Untuk Pembebanan 20 Ton, Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Lasinta Ari Nendra Wibawa, S.T. 2018. Simulasi Kekuatan Komponen Sarana Pengujian Roket Menggunakan Autodesk Inventor professional 2017. Vila Bukit Cemara No. 1 Mojosongo Solo, bukuKatta.

Ramses Yohannes Hutahaean. M.T. 2014. Mekanika kaekuatan material. edisi 2. Graha Ilmu.

Rudenko N. 1994. Mesin pengangkat. Jakarta, Erlangga.

Shigley M. 1991. Perencanaan Teknik Mesin. jilid 1, jakarta, Erlangga.

Standar Industri Indonesia. Departemen Perindustrian, Baja Profil U, SII. 0223, 1979, hal. 3.

Sularso dan Suga K. 1997. Dasar Perancangan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta, PT. Pradnya Paramita.

Published

2022-01-13

How to Cite

Bandaso, Z. S. ., & Mulyadi, K. (2022). Perancangan Forklift Manual dengan Kapasitas Angkat 200 Kg. Majalah Teknik Industri, 26(2), 1–7. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/2