Alat Pencuci Porang Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano

Authors

  • Wahidah Politeknik ATI Makassar
  • Muslimin Politeknik ATI Makassar
  • Muh. Fajar Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v31i1.666

Keywords:

Porang, alat pencuci, VSD, push button, motor 3 phasa, pompa AC

Abstract

Pengolahannya porang pada saat ini masih dilakukan secara manual, antara lain pada proses pencucian, yang membutuhkan waktu yang cukup lama, menimbulkan rasa gatal di tangan, dan membutuhkan tenaga yang banyak jika jumlah porangnya cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pencuci porang berbasis mikrokontroller Arduino Nano. Alat yang dibuat pada penelitian ini berbentuk silinder horizontal dan menggunakan mikrokontroler Arduino Nano sebagai otak/pengendali, motor induksi 3 phasa sebagai penggerak dan pompa sebagai penggerak aliran air, dan beberapa push button untuk mengatur waktu pencucian yang diinginkan. Dari hasil pengujian, diperoleh hasil pengukuran kecepatan putaran motor alat memiliki akurasi rata-rata 96,96 %, kecepatan pengisian air pada pompa cukup baik dengan rata-rata jumlah air 23,21 ml/detik. Kapasitas maksimal alat dalam sekali pencucian sebanyak 3 kg dengan kondisi motor yang hangat dan waktu pencucian yang disesuaikan dengan jumlah porang, dengan minimal waktu optimal 1 menit per 1 kg porang dan frekuensi putaran motor yang ditetapkan sebesar 20 Hz. Dengan menggunakan alat ini, dapat menghemat waktu rata-rata 49,03 % dari waktu pencucian secara manual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahidah, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

Muslimin, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

Muh. Fajar, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

References

Multi A., & Febryane E. 2012. Penggunaan Variable Speed Drive Pada Motor Induksi Untuk Penghematan Konsumsi Energi Listrik. Sainstech: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi, 22(2)

Putri R. I., Fauziyah M., & Setiawan A. 2010. Penerapan Kontroler Neural Fuzzy Untuk Pengendalian Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa Pada Mesin Sentrifugal. INKOM Journal, 3(1-2), 53-65.

Risdiandi R. 2021. Analisis Cara Kerja Sensor Ultrasonik Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Merancang Alat Deteksi Banjir Secara Otomatis.

Suari M. 2017. Pemanfatan Arduino nano dalam Perancangan Media Pembelajaran Fisika. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 3(2), 474-480.

Suharto S., Suryanto S., Sarana S., & Santosa T. B. 2018. Rancang bangun mesin pencuci umbi porang untuk meningkatkan kinerja pengolahan porang. Jtt (Jurnal Teknologi Terapan), 4(2), 108- 112

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Wahidah, Muslimin, & Fajar, M. (2023). Alat Pencuci Porang Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano. Majalah Teknik Industri, 31(1), 11–17. https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v31i1.666