RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PENGGUNAAN AIR PDAM BERBASIS NODEMCU ESP8266 MENGGUNAKAN TELEGRAM (STUDI KASUS RUMAH KOS)

Penulis

  • ST. Nurhayati Jabir Politeknik ATI Makassar
  • Muhammad Ilham Politeknik ATI Makassar
  • Asyraful Insan Asry Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Nodemcu ESP8266, flowmeter, RTC, telegram

Abstrak

Pada saat ini masih banyak di kalangan masyarakat yang menggunakan  air dengan boros tanpa memperhitungkan tagihan air yang harus dibayar, untuk memudahkan pengontrolan penggunaan air oleh pemilik dan penghuni kos agar penggunaan sesuai dengan proporsional yang diingin maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem monitoring penggunaan air PDAM pada kamar kos berbasis nodemcu esp-8266 menggunakan telegram dilengkapi dengan  flow  meter  sebagai  penghitung  penggunaan air dan RTC sebagai pembaca waktu penggunaan air. Monitoring alat ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu memonitoring   secara   langsung   pada   panel   alat menggunakan LCD dan memonitoring dari jarak jauh menggunakan aplikasi telegram pada smartphone, sedangkan nodemcu esp8266 disini berfungsi sebagai   mikrokontroler yang mengelola   data dan   mengirim   notifikasi telegram via internet.

Tahap Pengujian yang dilakukan ada 2 yaitu pengujian secara dilakukan secara parsial menggunakan wadah ukur 1 liter dengan rata-rata nilai akurasi yaitu 96,06% dan flowmeter 2 yaitu 99,08%, sedangkan pada pengujian secara terintegrasi dengan memasang alat ke saluran air rumah kos, dan menghasilkan nilai total penggunaan air mulai pada flow meter 1 dari jam 12.00 – 20.00 sebesar 50 L dengan biaya yang dikenakan sebesar Rp. 62,5. Sedangkan pada flow meter 2 sebesar 47 L dengan biaya yang dikenakan sebesar Rp. 58,75.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Jabir, S. N., Ilham, M., & Asry, A. I. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PENGGUNAAN AIR PDAM BERBASIS NODEMCU ESP8266 MENGGUNAKAN TELEGRAM (STUDI KASUS RUMAH KOS). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 9(1), 49–53. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/297