Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Sikap dan Intensi Membeli Konsumen Terhadap Promosi Penjualan Bisnis Online

Authors

  • Ahmad Sawal Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Makassar

Keywords:

promosi, online, signifikan, konsumen, intensi

Abstract

Peranan internet yang sangat penting adalah sebagai sumber data dan informasi serta sebagai sarana pertukaran data dan informasi. Kebutuhan internet yang sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap ekuitas merek, sikap dan intuisi  konsumen belanja online dalam meningkatkan bisnis online. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada responden. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan). Penelitian ini dilakukan pada beberapa konsumen belanja online. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan teknik judgmental sampling. Sikap memiliki pengaruh secara signifikan terhadap promosi penjualan, korelasi terhadap promosi penjualan sangat kuat dan searah. Dengan adanya promosi, sikap dari pembeli juga dapat terpengaruh untuk melakukan pembelian, baik tidaknya kualitas produk tetapi dengan adanya promosi yang bagus, akan mempengaruhi sikap pembeli secara online. Intensi pembeli secara online berpengaruh signifikan terhadap promosi penjualan, korelasi kedua variable sangat kuat namun tidak searah, hal tersebut disebabkan oleh adanya kepuasan terhadap suatu produk dan keinginan dari pembeli dalam merasakan manfaat suatu produk berdasarkan promosi penjualan, namun jika promosi tidak sesuai yang diharapkan para konsumen, maka intense pembeli akan berpengaruh terhadap pembelian berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, R. Lerbin, R. 2007. Teori dan Praktik Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ferdinand, Augusty Tae. 2006. Metode Penelitian Manajamen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kata Data. 2016. Berapa Jumlah Pengguna Internet di Indonesia?”. D Kata Data News and Research, 20 Februari 2018, (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/20/berapa-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia) (diakses 12 April 2018).

Kyosaki, R.T. 2011. Rich dad, Poor dad. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mudrajad, Kuncoro dan Suhardjono. 2004. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Edisi pertama. Yogyakarta: Andy offset.

Published

2022-01-13

How to Cite

Sawal, A. (2022). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Sikap dan Intensi Membeli Konsumen Terhadap Promosi Penjualan Bisnis Online. Majalah Teknik Industri, 26(2), 28–32. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/7