Model Analisis dan Strategi Mitigasi Risiko pada UKM Pengolahan Limbah Kertas Semen Surabaya (Studi Kasus: CV. XYZ)

Authors

  • Della Ginza Ramadhan Politeknik ATI Makassar

Keywords:

Analytical Hierarchy Process, Failure Mode Effect Analysis, risiko produksi

Abstract

CV. XYZ  merupakan industri pengolahan limbah kertas semen yang memiliki risiko pada proses produksinya. Risiko produksi dapat sangat merugikan dalam pencapaian sasaran dan tujuan organisasi bisnis. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan merumuskan strategi mitigasi risiko yang dihadapi pada CV. XYZ. Metode analisis yang digunakan adalah Failure Mode Effect Analysis (FMEA) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Pada proses identifikasi risiko proses produksi di UKM CV. XYZ terdapat 10 risiko yang dapat mempengaruhi yaitu berdasarkan bahan baku, produksi maupun permintaannya. Hasil pengukuran dan penilaian risiko proses produksi pengolahan kertas semen di UKM CV. XYZ didapatkan risiko tertinggi pada masing-masing variabel. Risiko pada bahan baku dapat dihadapi dengan strategi menjalin kemitraan dengan pemasok bahan baku, risiko pada proses produksi dapat dihadapi dengan strategi melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku, dan risiko permintaan dapat dihadapi dengan strategi menjalin kemitraan dengan para konsumen.  Berdasarkan perhitungan metode AHP yang dilakukan diperoleh alternatif strategi untuk meminimasi risiko pada variabel. Alternatif strategi tersebut yaitu menjalin kemitraan dengan para konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Della Ginza Ramadhan, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Industri Agro

References

Ahyari, A. Manajemen Produksi, Pengendalian Produksi. Yogyakarta: BPFE. 1990.

Basyaib, F. Manajemen Risiko. Jakarta: Grasindo. 2007.

Bessis, J. Risk Management in Banking. Wiley:Chicester. 2002.

Ebrahimipour,V., Rezai e, K., & Shokravi, S. An Ontology Approach to Support FMEA Studies. Expert Systems with Applications 37. pp 671-677. 2010.

Irawan, J.P., Santoso, Imam., & Mustaniroh, S. A. Model Analisis dan Strategi Mitigasi Risiko Produksi Keripik Tempe. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Volume 6. No 2: 88-96. 2017.

Rusmiati, E. penerapan fuzzy failure mode and effect analysis (Fuzzy FMEA) dalam mengidentifikasi kegagalan pada proses produksi di PT. Daesol Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 10 No. 2. 2012.

Saaty, T.L. Decision Making with Dependence and Feedback the Analytic Network Process, 2th Ed. USA: RWS Publications, 4922 Ellsworth Avenue Pittsburgh. 2001.

Sarinah., & Taufik. Analisis Strategi Penanganan Risiko Kekurangan Pasokan pada Industri Pengolahan Rumput Laut: Kasus di Sulawesi Selatan. Agritech 35(2): 223-233. 2015.

Setiawan, A. Implementasi aplikasi Decision Support System dengan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) untuk penentuan jenis supplier. Jurnal Gaung Informatika. 2(2): 93-104. 2009.

Sudiro. Manajemen dan pengembangan fungsi produksi dan operasional pada usaha pengolahan bahan kimia PT. X di Gresik. AGORA. 1(1): 1-13. 2013.

Suswinarno. Aman dari Risiko dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Visimedia, Jakarta. 2012.

Tampubolon, R. Risk Management: Manajemen Risiko Pendekatan Kualitatif untuk Bank Komersial. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2004.

Tathagati, A. Step by Step Membuat SOP. Efata. Jakarta. 2014.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Ramadhan, D. G. (2022). Model Analisis dan Strategi Mitigasi Risiko pada UKM Pengolahan Limbah Kertas Semen Surabaya (Studi Kasus: CV. XYZ). Majalah Teknik Industri, 28(2), 50–58. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/68