Meningkatkan Kapasitas Produksi Menggunakan Konsep Lean Manufacturing Dan Waste Assessment Model

Authors

  • Roberth Marshall Ratlalan Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng

Keywords:

Lean Manufacturing, Waste Assesment Model

Abstract

Salah satu perusahaan industri manufaktur nasional yang bergerak dalam pembuatan produk militer dengan produk yang dihasilkan adalah plastic box 260. Pada proses perakitan masih ditemukan beberapa waste yang terjadi. Untuk meminimize waste yang terjadi digunakan pendekatan  Lean Manufacturing dengan dibantu oleh salah satu alat dalam konsep lean yaitu Value Stream Mapping yang bertujuan menggambarkan keseluruhan informasi dari aliran produk bahan baku  sampai produk jadi. Identifikasi waste yang diawali dengan Waste Relationship Matrix (WRM) dan Waste Assessment Questionnaire (WAQ) untuk mengetahui presentase waste terbesar. Hasil presentase WRM tertinggi  sebesar 20 % untuk From Overproduction, inventory dengan nilai sebesar 15 % disimpulkan waste overprodcution dan waste inventory sangat memiliki pengaruh yang cukup besar ke waste yang lain. Sedangkan Hasil rekapitulasi WAQ waste yang mempunyai nilai terbesar dan sering terjadi yaitu waste inventory dengan nilai presentase sebesar 26,13 %, waste Overproduction 22,85 %  dan waste motion 12,30 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Roberth Marshall Ratlalan, Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng

Program Studi Teknik Perawatan Mesin

References

Clothing Industry Training Authority. 2009. Development of Problem Solving Model For The Hongkong Textiles and Clothing Industries. Hongkong: Hongkong Research Institute of Textilles and Apprael.

Darmanto, E. 2014. Penerapan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) untuk menetukan Kualitas Gula Tumbu. Jurnal Simetris, Vol 5 No 1 April 2014.

Hines P. dan Rich N. 1997. The seven Value Stream Mapping Tools. International Journal Of Operational and Production Management. Vol 17 No 1.

Rawabdeh, I.A. 2005. A Model for The Assesment of Waste In Job Shop Enviroment. International Journal of Operation % Production Management. Vol. 25 No.8.

Womack, J. dan Jones, D. 2003. Lean Thinking. New York : Simon and Schuter

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Ratlalan, R. M. (2022). Meningkatkan Kapasitas Produksi Menggunakan Konsep Lean Manufacturing Dan Waste Assessment Model. Majalah Teknik Industri, 27(2), 80–85. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/47