Simulation Automatic Fuel Refiller For Standby Genset

Authors

  • Asnawir Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Massriyady Massaguni Politeknik ATI Makassar
  • Peri Pitriadi Politeknik Negeri Ujung Pandang

Keywords:

Fuel Refiller, Generator Set, Arduino

Abstract

Inovasi ini diawali dari alat Fuel Refiller yang ada pada unit Excavator 313D milik kampus PNUP yang kemudian akan diterapkan pada unit Generator Set. Akan tetapi, proses kerja dari alat pengisi bahan bakar ke unit tersebut masih dilakukan secara manual dan terbilang tidak efisien baik dari segi waktu dan tenaga karena operator masih harus memonitor penggunaan bahan bakar dari unit dan menyiapkan suplai bahan bakar ketika bahan bakar pada fuel tank akan habis. Proses pengisian bahan bakar dengan cara manual tersebut pun berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja dan contaminant yang berpotensi masuk ke dalam tangki bahan bakar. Sehingga pembuatan system Automatic Fuel Refiller adalah salah satu upaya meningkatkan efisiensi dalam proses pengisian bahan bakar ke unit Generator Set. Alat simulasi dibuat dengan memanfaatkan arduino dan beberapa sensor ultrasonic. Hasil penelitian berupa simulasi pengisian bahan bakar secara otomatis ke unit Generator Set.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asnawir, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Jurusan Perawatan Alat Berat

Massriyady Massaguni, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Manufaktur Industri Agro

Peri Pitriadi, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Jurusan Perawatan Alat Berat

References

Cappenberg, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Solar, Biosolar dan Pertamina Dex Terhadap Motor Diesel Silinder Tunggal : Jurnal Teknik Energi dan Manufaktur (70-74). Jakarta : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Fajar, Y. (2018). Prototype System Pembelian Bahan Bakar Minyak Menggunakan RFID : jurnal WIDYA TEKNIKA (247-259). Malang : Universitas Widya Gama Malang

Hermawan, R. (2012). Praktek Keselamatan Kerja Pada Pengangkutan (Loading) Bahan Bakar Minyak (BBM) Di Instalasi Surabaya Group (ISG), PT. Pertamina (Persero). Surabaya : Universitas Airlangga.

Izzati, A .(2019). Analisa Pengaruh Suhu dan Tekanan Pada Pengujian Meter Arus Bahan Bakar Minyak (BBM) Menggunakan Master Meter. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Saidah, A. (2017). Analisa Kinerja Pompa Minyak (Pompa Bongkar Cargo) Pada MT.Accord : Jurnal Kajian Teknik Mesin (26-41). Jakarta: Universitas 17 Agustus.

Situmorang, V. (2019). Sistem Monitoring Debit Air Menggunakan Sensor Flow Meter Berbasis Arduino Uno. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Published

2022-02-03

How to Cite

Asnawir, Massaguni, M., & Pitriadi, P. (2022). Simulation Automatic Fuel Refiller For Standby Genset. Majalah Teknik Industri, 29(1), 52–55. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/79