Optimalisasi Penggunaan Klinker Openyard dalam Mensubtitusi Klinker Fresh pada Produksi Semen OPC di PT. Semen Bosowa Maros

Authors

  • Sariwahyuni Politeknik ATI Makassar
  • Idi Amin Politeknik ATI Makassar
  • Amanda Maydisha Ashar Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v31i1.668

Keywords:

Klinker, Openyard, Semen, Mortar, Kuat Tekan

Abstract

  1. Semen Bosowa Maros dalam proses produksi harus memperhatikan kualitas klinker sebagai bahan baku utama. Kualitas klinker akan meningkatkan mutu semen agar dapat bersaing pada pasaran. Klinker diolah menjadi semen dengan penambahan gypsum dan klinker openyard. Salah satu pengujian yang dapat menjadi tolak ukur kualitas semen yang baik adalah kuat tekan. Kuat tekan diartikan sebagai kemampuan material menerima beban tekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penggunaan klinker openyard dalam mengsubtitusi klinker fresh pada produksi semen OPC di PT. Semen Bosowa Maros. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan melakukan penelitian secara langsung berdasarkan pengujian alat uji kuat tekan di PT. Semen Bosowa Maros dengan variasi semen OPC 10%-35%. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 5 Juli – 28 Desember 2022 pada laboratorium fisika di PT. Semen Bosowa Maros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan klinker openyard sebesar 30% memperlihatkan nilai kuat tekan yang optimal dibandingkan perlakuan lainnya. Nilai kuat tekan yang diperoleh masing-masing 151 kg/cm2, 242 kg/cm2 dan 330 kg/cm2. Nilai ini sesuai dengan baku mutu SNI 2049-1:2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sariwahyuni, Politeknik ATI Makassar

Program Studi Teknik Kimia Mineral

Idi Amin, Politeknik ATI Makassar

Program Studi Teknik Kimia Mineral

Amanda Maydisha Ashar, Politeknik ATI Makassar

Program Studi Teknik Kimia Mineral

References

Fitrih, W. N., & Akhmad, Z. S., 2022. Metode Analisa Kadar Kapur Bebas (Freelime) . Makassar: SMK SMAK Makassar.

Pratama, S. W., Rauf, N., & Eko, J., 2018. Pembuatan dan Pengujian Kualitas Semen Portland yang Diperkaya Silikat Abu Ampas Tebu. Jurnal Fisika FMIPA Unhas , 4.

Rahmawatie, B., & Damayanti, R. W., 2017. Pengendalian Kualitas Produk Klinker Pada PT.XYZ dengan Menggunakan Grafik T2 Hotelling. Seminar dan Konferensi Nasional , 366.

Standar Nasional Indonesia, 2020. SNI 2049-1;2020 Semen Portland Bagian 1 : Spesifikasi. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Zen, M., 2014. Pengaruh Pemakain Additive Dolomite Terhadap Kualitas Semen . Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Sariwahyuni, Amin, I., & Ashar, A. M. (2023). Optimalisasi Penggunaan Klinker Openyard dalam Mensubtitusi Klinker Fresh pada Produksi Semen OPC di PT. Semen Bosowa Maros. Majalah Teknik Industri, 31(1), 28–32. https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v31i1.668