OPTIMASI PENAMBAHAN SUSU KAPUR PADA NIRA MENTAH TERHADAP PH DAN VOLUME ENDAPAN CA3(PO4)2 DI PTPN XIV UNIT PABRIK GULA TAKALAR

Penulis

  • Sariwahyuni Program Studi Teknik Kimia Mineral – Politeknik ATI Makassar
  • Idi Amin Program Studi Teknik Kimia Mineral – Politeknik ATI Makassar
  • Kurniawan Program Studi Teknik Kimia Mineral – Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/jtkm.v1i2.267

Kata Kunci:

Susu kapur, Nira mentah, Gula, Inversi, Sukrosa

Abstrak

Pada industri pabrik gula, nira tebu digunakan sebagai bahan baku produksi awal yang berbentuk cairan berwarna hijau kecokelatan dan bersifat asam. Pada nira tebu terkandung sukrosa dan bahan lain seperti gula pereduksi (glukosa dan fruktosa), serat, zat lain. Sementara sifat asam yang ada pada nira berasal dari reaksi fermentasi bakteri Leuconostic. Reaksi yang terjadi yaitu inversi sukrosa ketika enzim invertase yang diproduksi oleh tanaman mencemari nira. Hal ini diikuti dengan penurunan pH akibat peningkatan keasaman. Apabila nira dalam kondisi asam, mikroorganisme akan berkembang biak dengan baik. Pertumbuhan mikroorganisme pada nira akan merusak nira sehingga nira akan sulit mengkristal. Cara untuk menghilangkan keasaman dalam larutan dengan menambahkan larutan alkali yaitu susu kapur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimasi penambahan susu kapur pada nira mentah terhadap pH dan volume endapan di PTPN XIV Unit Pabrik Gula Takalar. Variasi  susu kapur yang digunakan pada penelitian ini adalah 0,4 mL; 0,5 mL; 0,6 mL; 0,8 mL dan 1,2 mL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai optimum pH dan volume endapan tertinggi diperoleh pada perlakuan penambahan susu kapur sebanyak 1,2 mL dengan  pH 8,5 dan volume endapan 24 mL. Nilai pH dan volume endapan tersebut telah sesuai dengan standar pemurnian nira di PTPN XIV Unit Pabrik Gula Takalar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

PT Perkebunan Nusantara XIV, Profil Pabrik Gula Takalar, Takalar: PG Takalar, 2021.

A. T. Sudarmaji dan H. Saroso, “Pengaruh Penambahan Larutan Ca(OH)2 Terhadap Pembentukan Kerak Pada Penguapan Nira Tebu,” Distilat, vol. 7, no. 2, pp. 634-641, 2021.

Effendi, Teknologi Gula, Jakarta: Bee Marketer Institute, 2009.

Hugot, C. P, Hand Book Of Cane Sugar Engineering, Amsterdam: Elsevier Publishing Company, 1986.

Oates. (1998). Lime and Limestone Chemistry and Technology Production and Uses. New Jersey: wiley-Vch.

D. S. Perwitasari, Phospat Acid and Flocculan Added in Juice Sugar Crystal Process, Jurnal Teknik Kimia, Vol 4, No 2, pp. 318-325, 2010

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12

Cara Mengutip

[1]
Sariwahyuni, I. Amin, dan Kurniawan, “OPTIMASI PENAMBAHAN SUSU KAPUR PADA NIRA MENTAH TERHADAP PH DAN VOLUME ENDAPAN CA3(PO4)2 DI PTPN XIV UNIT PABRIK GULA TAKALAR”, JTKM, vol. 1, no. 2, hlm. 86–89, Des 2022.