Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Bandung Dinning Table (Studi Kasus CV. ABC) dengan Metode Statistik

Authors

  • Agung Ari Purwanto Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu
  • Sheila Isnaili Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu

DOI:

https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v30i2.375

Keywords:

Produk Cacat, Furnitur, Metode Statistik, Dinning Table

Abstract

Proses produksi suatu produk dapat dikendalikan kualitasnya dengan menganalisis alur proses maupun produk cacat yang terdapat pada proses produksinya. Masalah cacat produk yang sering timbul pada proses produksi Bandung Dinning Table pada CV.ABC Furnitur  yaitu timbulnya bercak hitam, goresan, terdapat lubang dan permukaan yang masih kasar pada top table, proses pemantauan kesalahan/cacat pada suatu produk dilaksanankan secara kontinyu untuk dapat menjaga kualistas produk. Metode yang digunakan adalah metode statistik, diantaranya check sheet, Histogram, Diagram pareto, Diagram Sebab-Akibat, Peta Kendali, dan FMAE. Hasil dari check sheet rata-rata produk cacat yang dihasilkan 12,56% dari rata-rata jumlah produk yang di produksi, Histogram cacat produk menyebutkan jumlah cacat permukaan sebesar 144 unit produk, hasil dari control chart tidak terdapat titik berada diluar batas kendali atas dan bawah, untuk hasil analisis FMEA di dapatkan SDM menjadi factor penyebab masalah dengan nilai severity 8 (High), Occurance 8 (High) dan detection 6 (Rendah).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Ari Purwanto, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu

Prodi Teknik Produksi Furnitur

Sheila Isnaili, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu

Prodi Teknik Produksi Furnitur

References

Alisjahbana, J., 2005. Evaluasi Pengendalian Kualitas Total Produk Pakaian Wanita Pada Perusahaan Konveksi. J. Ventura 8, 1–12.

Gunawan, H., 2013. Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistik pada Pabrik Cat CV. X Surabaya. Calyptra 2, 1–20.

Miftahul, J., Marita, K.W., Wahyu, P., others, 2017. ANALISIS PRODUK CACAT DAN PRODUK RUSAK (Studi Pada CV. Aneka Karya Glass Pabelan) (PhD Thesis). IAIN Surakarta.

Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Gahlia Indonesia.

Oktavianus, W., Caesaron, D., 2017. Analisis Pengendalian Kualitas Cacat dengan Metode Six Sigma pada Perusahaan Percetakan (Studi Kasus: PT. Delta Mandiri). JIEMS J. Ind. Eng. Manag. Syst. 9.

Prawirosentono, S., 2007. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21. Jkt. Bumi Aksara.

Sarin, Rakesh K. dan Buffa, Elwood S. 1999. Manajemen Operasi&Produksi Modern. Penerbit: Binarupa Aksara

Published

2022-12-31

How to Cite

Purwanto, A. A., & Isnaili, S. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Bandung Dinning Table (Studi Kasus CV. ABC) dengan Metode Statistik. Majalah Teknik Industri, 30(2), 44–51. https://doi.org/10.61844/majalahteknikindustri.v30i2.375