Perhitungan Rancangan Dimensi Turbin Cross flow PLTMH Dengan Variasi Debit dan Head (Studi Kasus Air Terjun Desa Belawae, Kab. Sidrap dan Desa Uludaya, Kab. Maros)

Authors

  • Agung Ari Purwanto Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu
  • Jumaedi Politeknik Negeri Ujung Pandang

Keywords:

turbin cross-flow, PLTMH, debit air

Abstract

Rancangan Turbin cross flow adalah salah satu PLTMH yang sedang dikembangkan dan menjadi salah satu solusi mengenai krisis energi listrik diwilayah pedalaman khususnya pada daerah sulawesi selatan. Turbin ini dirancang dengan memanfaatkan air sebagai tenaga penggerak. Penelitian ini penulis melakukan peninjauan lokasi sebagai studi kasus dalam melakukan proses rancangan , lokasi pengukuran debit dan tinggi jatuh air di desa Belawae, Kab. Sidrap yang memilki potensi daya air yang bisa dibangun PLTMH, dan hasil dari peninjauan lokasi akan dijadikan acuan untuk merancang turbin cross flow selanjutnya yang sesuai potensi daya air yang ada. Dari  hasil  penelitian  tugas  akhir  ini  didapatkan  standar  cara  menghitung  rancangan bagian-bagian turbin yang akan dibuat, yaitu dengan memasukkan nilai Debit = 0,045 m3/s dan Head =2 m,   maka   dimensi turbin cross flow akan diketahui, dimana: Daya Turbin = 0,7063 kw≈ 1 kw, Diameter runner = 0,28 m, Panjang runner= 0,30 m, Tebal sudu = 0,0037 m, Lebar pipa pancar nozel = 0,216 m, dan Diameter Poros= 22,5 mm selanjunya  dari  hasil  perhitungan  tersebut  akan  dibuat  komponen  turbin  sebagai pengujian hasil dari perhitungan dalam perancangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Ari Purwanto, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu

Prodi Teknik Produksi Furnitur

Jumaedi, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Jurusan Teknik Mesin

References

Bachtiar, A.N., 1988. Perencanaan turbin air penggerak generator listrik pedesaan. Tugas Akhir.

Damastuti A.P., 1997. “Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro,” WACANA, vol. 8.

Hadiyanto R., dan Bakrie F., 2013. “Rancang Bangun Prototipe Portable Mikro Hydro Menggunakan Turbin Tipe Cross Flow,” dalam PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 2013, vol. 2, hlm. 19–25.

Nafis S., Berlian A., Anggono T., dan Maksum H., 2016. “EVALUASI KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH) Studi Kasus: PLTMH Kombongan, Kab. Garut, Jawa Barat,” Ketenagalistrikan Dan Energi Terbarukan, vol. 11, no. 1, hlm. 27–40.

Nandan, A.W., 2008. Penerapan Turbin Air Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Di Daerah Pedesaan Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Listrik Diprovinsi Lampung. Bulletin Pembangunan Provinsi Lampung Vol3(2)

Nugroho H.Y.S.H., dan Sallata M. K., 2015. PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro): Panduan Lengkap Membuat Sumber Energi Terbarukan Secara Swadaya. Penerbit Andi.

Prianto E., dan A. Dwiyanto, 2013. “Profil Penutup Atap Genteng Beton Dalam Effesiensi Konsumsi Energi Listrik Pada Skala Rumah Tinggal,” Modul, vol. 13, no. 1, hlm. 23–34.

Safril S., 2012. “Perencanaan Runner dan Poros Turbin Cross Flow Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH),” J. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, hlm. 1–10.

Sihombing E.S., 2009. “Pengujian Sudu Lengkung Prototipe Turbin Air Terapung Pada Aliran Sungai,”.

Trisasiwi, W., Masrukhi, M., Mustofa, A. and Furqon, F., 2017. Rancang Bangun Turbin Cross-Flow untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Skala Laboratorium. Dinamika Rekayasa, 13(1), pp.29-36.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Purwanto, A. A., & Jumaedi. (2022). Perhitungan Rancangan Dimensi Turbin Cross flow PLTMH Dengan Variasi Debit dan Head (Studi Kasus Air Terjun Desa Belawae, Kab. Sidrap dan Desa Uludaya, Kab. Maros). Majalah Teknik Industri, 27(2), 7–11. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/35