PERANCANGAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WASTE PROSES PENGEMASAN GOLLATA BERDASARKAN METODE LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PT. PN XIV UNIT PABRIK GULA BONE)

Penulis

  • Ahmad Sawal Politeknik ATI Makassar
  • Nur Khaerani B Politeknik ATI Makassar
  • Agung Pradana Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Waste, lean manufacturing, value stream mapping, pengemasan, rancangan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya waste (pemborosan) yang terjadi pada proses pengemasan produk Gollata di PT. Perkebunan Nusantara XIV Unit Pabrik Gula Bone. Pada ruangan retail terdapat masalah yang menyebabkan proses produksi pada bagian pengemasan tidak efektif, diantaranya terjadi aliran bahan yang tidak teratur, dan penumpukan dibeberapa kegiatan produksi sehingga untuk mengatasi kendala tersebut, perlu dilakukan penelitian pada bagian pengemasan produk Gollata untuk meminimalkan kegiatan kerja yang tidak memiliki nilai tambah (non value added). Penelitian ini menggunakan Lean Manufacturing dengan bantuan Value Stream Mapping untuk mengidentifikasi waste yang terjadi pada proses pengemasan produk Gollata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat waste (pemborosan) yang terjadi pada proses pengemasan diantaranya Transportation dan Defect. Sehingga peneliti memberikan rancangan alat bantu proses pengemasan produk Gollata untuk meminimasi waste yang terjadi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Sawal, A., Nur Khaerani B, & Pradana, A. (2022). PERANCANGAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WASTE PROSES PENGEMASAN GOLLATA BERDASARKAN METODE LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PT. PN XIV UNIT PABRIK GULA BONE). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 9(1), 60–67. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/299