ANALISIS KOEFISIEN HAMBATAN PADA DESAIN BODI KENDARAAN TIPE CONCEPT CAR MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK CFD FLUENT

Penulis

  • Muh. Nurul Haq Amaluddin Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Aerodinamika, ansys, fluent, gaya drag, concept car

Abstrak

Salah satu pengembangan pada suatu kendaaraan adalah desain bodi mobil. Desain mobil tidak hanya
ditinjau dari faktor estetika, namun juga berdasarkan bentuk kearodinamisan bodinya. Pengembangan
desain kendaraan merupakan salah satu upaya meminimalisir besarnya hambatan aerodinamika pada
kendaraan. Konsep desain kendaraan dengan hambatan aerodinamika yang minimal akan
mengoptimalkan engine power yang dihasilkan oleh kendaraan. Desain kendaraan dengan pola aliran
fluida yang teratur di sekitar kendaraan akan memberikan efek positif terhadap hambatan aerodinamika
pada kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan kendaraan concept car yang
aerodinamis serta memiliki koefisen hambatan yang rendah untuk meminimalisir kerjaengineyang besar
sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar, serta menunjukkan pengaruh bentuk bodi
terhadap nilai koefisien hambatan yang dihasilkan. Metode simulasi ini dilakukan menggunakansoftware
yang berbasis komputasi dinamika fluida yaitu Ansys 16.0. Dalam simulasi terhadap hasil desain
kendaraan tipe concept car yang diuji, digunakan skala 1:1 dengan asumsi ukuran desain dalam kondisi
sebenarnya. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian dengan kecepatan angin yang berbeda yaitu
11 m/s, 22 m/s dan 28 m/s. Hal tersebut dilakukan agar didapatkan nilai koefisien hambatan yang valid.
Dari hasil simulasi didapat bahwa nilai koefisien hambatan pada desain kendaraan tipe concept car
sebesar 0,32. Hal ini menunjukkan nilai koefisien hambatan desain concept car termasuk dalam kategori
baik serta memperlihatkan adanya pengaruh bentuk bodi terhadap nilai koefisien hambatan yang
dihasilkan pada kendaraan tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Amaluddin, M. N. H. . (2022). ANALISIS KOEFISIEN HAMBATAN PADA DESAIN BODI KENDARAAN TIPE CONCEPT CAR MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK CFD FLUENT. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 8(1), 308–313. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/249