PENERAPAN SAFETY SIGN PADA BAGIAN PRODUKSI PT. PRIMA KARYA MANUNGGAL BERDASARKAN IDENTIFIKASI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA)

Penulis

  • Andi Dian Sri Rezki Natsir Politeknik ATI Makassar
  • Amrin M. Politeknik ATI Makassar
  • Muh. Syahrir Politeknik ATI Makassar

Kata Kunci:

Potensi Bahaya, Safety Sign, JSA

Abstrak

PT. Prima Karya Manunggal merupakan perusahaan yang memiliki 8 (delapan) unit usaha di bidang perdagangan dimana salah satu produknya adalah ready mixed concrete. Hasil identifikasi awal ditemukan bahwa pada proses produksi ready mixed concrete terdapat potensi bahaya yang dapat menimbulkan risiko kecelakaan kerja dan belum tersedianya safety sign pada area tersebut. Berdasarkan data kecelakaan kerja didapatkan sebanyak 27 kasus pada priode 2018-2022 dengan jumlah pekerja sebanyak 16 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya kecelakaan kerja menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) dan bagaimana menerapkan safety sign pada bagian produksi. Hasil identifikasi potensi bahaya yang dapat terjadi pada bagian penyimpanan material, mesin crusher, batching plant dan truck mixer, adalah sebanyak 12 bahaya dan 20 risiko. Berdasarkan hasil identifikasi bahaya yang telah dilakukan, maka kebutuhan safety sign pada bagian penyimpanan material adalah berupa mandatory sign dan warning sign. Pada bagian mesin crusher dan batching plant dibutuhkan warning sign, danger sign, dan mandatory sign. Sedangkan pada bagian truck mixer dibutuhkan mandatory sign. Dengan diterapkannya penggunaan safety sign pada bagian produksi, diharapkan dapat mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan kerja.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Natsir, A. D. S. R., M., A., & Syahrir, M. (2023). PENERAPAN SAFETY SIGN PADA BAGIAN PRODUKSI PT. PRIMA KARYA MANUNGGAL BERDASARKAN IDENTIFIKASI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), 10(1), 98–103. Diambil dari https://journal.atim.ac.id/index.php/prosiding/article/view/624

Terbitan

Bagian

Topik Teknik dan Manajemen Industri