Pengaruh Scratch Pada Spool Control Valve Terhadap Kinerja Boom Cylinder Excavator Caterpillar 320D

Authors

  • Faisyal Politeknik Negeri Samarinda
  • Abdul Halik Politeknik Negeri Samarinda
  • Hidayat Marlang Politeknik Negeri Samarinda

Keywords:

Boom, Control Valve, Excavator, Spool

Abstract

Excavator merupakan unit alat berat yang paling vital fungsinya dalam proses exploitasi lahan disite pertambangan. Akibat beban kerja yang sangat padat, komponen-komponen alat berat khususnya pada Excavator akan mengalami berbagai kerusakan. Salah satu dari komponen yang rentan mengalami kerusakan adalah komponen Directional Control Valve. Pada unit alat berat terutama Excavator, Spool merupakan salah satu komponen yang terletak di dalam Control Valve, komponen ini sangat penting dalam Hydraulic System yang berfungsi untuk mengatur membuka dan menutupnya arah aliran Fluida ke sebuah Attachment salah satunya adalah Boom. Tujuan dari penelitian ini adalah mengindikasikan bahwa dengan mengetahui jenis-jenis kerusakan tersebut, akan didapat akar penyebab masalahnya (root cause). Metode dari penelitian ini adalah dalam rangka untuk mencari dan mengumpulkan data guna mendapatkan suatu gambaran fakta – fakta yang jelas mengenai kerusakan pada spool control valve excavator type Caterpillar 320D. Hasil yang diperoleh adalah dengan perbaikan tuntas yang dilakukan hingga akar penyebab masalah dapat mengurangi pekerjaan yang berulang terhadap kerusakan yang sama, sehingga waktu yang terbuang yang diakibatkan oleh unit breakdown dapat dikurangi sehingga produktifitas dari unit dapat ditingkatkan. Untuk mengurangi biaya perbaikan  akibat kerusakan Spool pada komponen Control Valve, maka ditekankan pada program preventive maintenance pada Hydraulic System.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Faisyal, Politeknik Negeri Samarinda

Program Studi Teknik Alat Berat

Abdul Halik, Politeknik Negeri Samarinda

Program Studi Teknik Alat Berat

Hidayat Marlang, Politeknik Negeri Samarinda

Program Studi Teknik Alat Berat

References

Armstrong, G. dan Kotler, P. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Assauri, S. 2011. Manajemen Operasi Dan Produksi. Jakarta. LP FE UI.

Ekoanindiyo dan Ardiansyah, F. 2013. Pengendalian Cacat Produk Dengan Pendekatan Six Sigma. Jurnal Dinamika Teknik, Vol 8 No 1 Januari 2014

Gitosudarmo, I. 2000. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogjakarta. BPFE.

Hidayat, A.. 2006. Strategi seven tools. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Misbahudin, I H. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta. Bumi Aksara.

Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu, Bogor. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta Bandung

Sukardi. 2011. Metodelogi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta. Bumi Aksara.

Wawancara. https://kbbi.web.id/wawancara (diakses tanggal 2 Maret 2021).

Windarti, T. 2014. Pengendalian Kualitas Untuk Meminimasi Produk Cacat Pada Proses Produksi Besi Beton, Jurnal Teknik Industri Undip, Vol IX, No 3, September 2014.

Yuliasih, Ni K. 2013. Analisis Pengendalian Kualitas Produk pada Perusahaan Garmen Wana Sari Tahun 2013, Jurnal, Vol: 4 No. 1 Tahun 2014.

Published

2022-02-03

How to Cite

Faisyal, Halik, A., & Marlang, H. (2022). Pengaruh Scratch Pada Spool Control Valve Terhadap Kinerja Boom Cylinder Excavator Caterpillar 320D. Majalah Teknik Industri, 29(1), 11–17. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/74