PENGARUH KONSENTRASI AKTIVATOR NaOH PADA ARANG AKTIF TONGKOL JAGUNG TERHADAP ADSORPSI ION Pb2+

Penulis

  • Melani Ganing Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/jtkm.v1i2.265

Kata Kunci:

Tongkol jagung, Arang aktif, Adsorpsi, Spektrofotometer serapan atom (SSA)

Abstrak

Dampak dari banyaknya jagung yang dikonsumsi menyebabkan bertambahnya limbah tongkol jagung yang berpotensi mencemari lingkungan. Tongkol jagung merupakan salah satu limbah pertanian yang sangat potensial dimanfaatkan untuk dijadikan arang aktif. Arang aktif merupakan senyawa karbon yang telah ditingkatkan daya adsorpsinya dengan melakukan proses karbonasi dan aktivasi. Berdasarkan kandungan tongkol jagung yang terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin, maka tongkol jagung dapat dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi aktivator NaOH dan waktu aktivasi arang aktif tongkol jagung terhadap adsorpsi ion Pb2+. Arang aktif dibuat dengan memvariasikan konsentrasi aktivator NaOH (0; 0,25; 0,50; 0,75; 1,00; 1,25; 1,50; 1,75; 2,00 %). Kemudian arang aktif yang dihasilkan digunakan untuk mengadsorpsi ion Pb2+. Banyaknya ion yang terserap diukur menggunakan spektrofotometer serapan atom (SSA). Konsentrasi aktivator maksimum yang diperoleh yaitu 1,75% NaOH dalam mengaktivasi arang tongkol jagung dengan daya adsorpsi sebesar 0.5491 mg/g. Hasil uji statistik pada taraf nyata 0,05 diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel ( 988,5033 > 2,51). Berdasarkan uji BNT diketahui bahwa ion Pb2+ yang teradsorpsi berbeda nyata pada setiap konsentrasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Amin, S. Sitorus dan B. Yusuf, “Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung (Zea mays L.) sebagai Arang Aktif dalam Menurunkan Kadar Amonia, Nitrir dan Nitrat pada Limbah Cair Industri Tahu menggunakan Teknik Celup,” Jurnal Kimia Mulawarman., Vol. 13(2), pp. 78-84, 2016.

A. Viviani, “Efektivitas karbon aktif tongkol jagung dalam mengadsorpsi logam Fe (Besi) pada air sumur gali di perumahan mutiara kenali kota jambi,” Jambi, universitas jambi, 2021.

D. A. Ningsih, I. Said dan P. Ningsih, “Adsorpsi Logam Timbal (Pb) dari Larutannya dengan menggunakan Adsorben dari Tongkol Jagung,” Jurnal Akademika Kimia, vol. 5(2), pp. 55-60, 2016.

L. M. Yuningsih, D. Mulyadi dan A.J. Kurnia “Pengaruh Aktivasi Arang Aktif dari Tongkol Jagung dan Tempurung Kelapa Terhadap Luas Permukaan dan Daya Serap Iodin,” Universitas Muhammadiyah, Sukabumi, 2016.

Meilianti, “Pembuatan Karbon Aktif dari Tongkol Jagung dengan Variasi Konsentrasi Aktivator Natrium Karbonat (Na2CO3),” Distilasi, vol. 5(1), pp. 14-20, 2020.

K. N. Rachmawati, L. Badriyah, F. Pujiono, “Synthesis of Activated Carbon From Corncobs Activated HCl,” Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi dan Analisis Ke-1, 2018.

N. Nurfitria, K. Febriyantiningrum, W. P Utomo, Z. V. Nugraheni, D. D. Pangastuti, H. Maulida dan F. N Ariyanti, “Pengaruh Konsentrasi Aktivator Kalium Hidroksida (KOH) pada Karbon Aktif dan Waktu Kontak Terhadap Daya Adsorpsi Logam Pb dalam Sampel Air Kawasan Mangrove Wonorejo, Surabaya,” Jurnal Akta Kimia Indonesia, Vol. 4(1), pp. 75-85, 2019.

S. Salamah, “Pembuatan Karbon Aktif Dari Kulit Buah Mahoni Dengan Perlakuan Perendaman Dalam Larutan KOH,” Prosiding Seminar Nasional Teknoin, 2008.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12

Cara Mengutip

[1]
M. Ganing, “PENGARUH KONSENTRASI AKTIVATOR NaOH PADA ARANG AKTIF TONGKOL JAGUNG TERHADAP ADSORPSI ION Pb2+”, JTKM, vol. 1, no. 2, hlm. 76–80, Des 2022.

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.