Rancang Bangun Mesin Sangrai Kopi Dengan Infrared

Authors

  • Merla Madjid Politeknik ATI Makassar
  • Elia Politeknik ATI Makassar

Keywords:

infrared, biji kopi, panas

Abstract

Penyangraian kopi merupakan salah satu proses pengolahan biji kopi untuk pemilihan aroma rasa pada biji kopi. Permasalahan yang ada yaitu sumber panas yang belum efisien dalam proses penyangraian pada masyarakat setempat terutama di kecamatan Mappedeceng, Luwu Utara. Perancangan alat ini guna mengatasi permasalahan menurunnya kualitas biji kopi saat proses penyangraian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat penyangraian kopi dengan sumber panas infrared. Metode analisis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian ini dengan membuat gambar alat menggunakan Autodesk Inventor dengan ukuran-ukuran yang telah ditentukan. Hasil infrared ini lebih efisian dari segi waktu 31 menit, warna coklat tua, rasa yang tidak terlalu pahit dan menghasilkan aroma kopi yang harum jika dibandingkan dengan proses manual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Merla Madjid, Politeknik ATI Makassar

Prodi Teknik Manufaktur Industri Agro

Elia, Politeknik ATI Makassar

Prodi Teknik Manufaktur Industri Agro

References

Abdil, G. (2019). Uji Kinerja Alat Penyangrai Kopi Tipe Silinder Dengan Mengggunakan Band Heater Sebagai Pemanas. www.etd.unsyiah.ac.id (diakses tanggal 17 september 2020)

Anonim. (2020). Program CAD Autodesk Inventor Profesional https://www.anakteknik.co.id/a/iputdesign/sekilas-tentang-software-CAD-Autodesk-Inventor (diakses pada tanggal 29 september 2020)

Gamal, dkk. (2020). Uji Kinerja Alat Penyangrai Kopi Tipe Silinder Menggunakan Band Heater sebagai Pemanas. http://www.researchgate.com. (diakses tanggal 26 Oktober 2020)

Erwin, M. (2015). Proses Produksi Pada Mesin Penyangrai Kopi. http://www.journal.ppns.ac.id (diakses tanggal 11 agustus 2020).

Maulana, I. dkk,. (2018). Perancangan Alat Sangria Kopi Menggunakan Drum tradisional. http://www.repository.unmuhjember.ac.id. (di akses tanggal 4 september 2020)

Nugroho, J. dkk,. (2009). Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian Terhadap Sifat Fisik Mekanis Biji Kopi Robusta. Mataram

Sonawan, H. (2010). Perancangan Elemen Mesin. Bandung; Penerbit Alfabeta

Shah, M. (2014). Proses Produksi pada Pembuatan Mesin Penyangrai Kopi dengan Kapasitas 5Kg:9-10

Najiyati, S. dkk. (2004). Budi Daya Kopi dan Penanganan Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya

Sularso, Kiyokatsu, S. (1987). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta; Penerbit Erlangga.

Published

2022-03-02

How to Cite

Madjid, M., & Elia. (2022). Rancang Bangun Mesin Sangrai Kopi Dengan Infrared. Majalah Teknik Industri, 29(2), 45–50. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/94