Penggunaan Aplikasi SMS Gateway dan Solar Cell untuk Membasmi Hama pada Tanaman Bawang

Authors

  • Sitti Wetenriajeng Sidehabi Politeknik ATI Makassar
  • Mutmainnah Politeknik ATI Makassar
  • Nirmalasari Rahman Politeknik ATI Makassar

Keywords:

Tanaman Bawang, SMS Gateway, Solar Cell

Abstract

Bawang merah merupakan sayuran dengan kandungan gizi yang tinggi dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Bawang merah ini menpunyai arti yang tinggi bagi masyarakat karena digunakan sebagai pelengkap bumbu masak dan dikonsumsi sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sistem monitoring pembasmi hama menggunakan cahaya lampu pada kebun bawang berbasis sms gateway guna memudahkan petani dalam pengontrolan lampu penerangan pada kebun bawang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan merancang dan membuat sebuah alat yang dapat membasmi hama pada kebun bawang berbasis SMS Gateway dengan penerangan lampu dengan sumber listrik solar cell. Adapun hasil penelitian ini adalah sistem ini dapat digunakan untuk menjebak hama yang aktif dimalam hari dengan cahaya lampu sebagai pemikat hama serta dapat memberikan informasi melalui pesan SMS. Pengujian pada hari pertama jumlah hama yang tertangkap 60 ekor, hari kedua 57 ekor, hari ketiga 48 ekor, hari keempat 40 ekor, dan hari kelima 35 ekor.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sitti Wetenriajeng Sidehabi, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

Mutmainnah, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

Nirmalasari Rahman, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Otomasi Sistem Permesinan

References

Ahmad. (2020). Rangkaian elektronik, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

Hani, S., Santoso, G. (2018). Pembasmi Serangga Menggunakan Energi Solar Cell Untuk Meningkatkan Produktifitas Tanaman Padi. Simposium Nasional RAPI XVII-2018 FT UMS.

Hermawan. (2019). Pengertian GPRS, Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangan GPRS, Institut Manajemen Telkom Bandung.

Kho, D. (2017). Analisa Penggunaan Solar Cell Pada Rumah Tinggal Untuk Keperluan Penerangan dan Beban Kecil, Banjarmasin.

Maharani, K. (2016). Solar charge controller, Univwesitas muhammadiah malang.

Mulyawan, R. (2019). Analissi system presensi finger print dan saa gateway, Sumedang.

Permana, Y. Soleh, M., Siswanto. A. (2018). Prototype Sumber Energi Solar Cell Sebagai Penerangan Untuk Hama Ladang Bawang Daerah Pancalang Kuningan. Conference On Innovation And Application Of Science And Technology (Ciastech 2018). Universitas Widyagama Malang.

Ridhawati, E., Khumaid, A. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Pupuk Berbasis SMS Gateway pada Gabungan Petani Pemakai Pupuk (GP3) Pekom Banding Agung Kecamatan TalangPadang. Expert-Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi.

Santoso, N.W. (2016). Rancang bangun monitoring suhu, kelembapan, dan ph tanaman dataran tinggi untuk daratan rendah, Seminar Hasil Elektro S1 ITN Malang.

Setiyoko, A.S., Sukoco, D., Purwanto, A. E. (2017). Pembuatan Alat Pembasmi Hama pada Tanaman Bawang Merah yang Ramah Lingkungan di Desa Selorejo Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Seminar MASTER 2017 PPNS.

Shiddiq, M. J. (2019). Rancang bangun alat pemberi makan dan onitoring sisa pakan kucing berbasis internet of things (IOT), Malang

Syuri. (2020). Inilah jenis jenis bawang merah yang ada di indonesia, Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Jln. Tangkuban Parahu No. 517, Lembang, Bandung Barat 40391.

Published

2022-02-03

How to Cite

Sidehabi, S. W., Mutmainnah, & Rahman, N. (2022). Penggunaan Aplikasi SMS Gateway dan Solar Cell untuk Membasmi Hama pada Tanaman Bawang. Majalah Teknik Industri, 29(1), 45–51. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/78