Rancang Bangun Mesin Extruder Plastik Pada Pemanfaatan Limbah Plastik Dengan Menggunakan Screw Dan Barrel Bronze

Authors

  • Muhammad Luthfi Sonjaya Politeknik ATI Makassar

Keywords:

sampah, plastik, extruder

Abstract

Pembuangan sampah plastik di air dan di tanah telah mencemari lingkungan dan membuat kerusakan pada lingkungan. Namun sampai sekarang upaya untuk melakukan daur ulang plastik masih sangat jarang. Masalah diatas dapat diselesaikan dengan suatu rancang bangun mesin extruder plastik yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendaur ulang limbah plastik menjadi bernilai ekonomis. Pembuatan alat  dimulai dari perancangan, pendorong menggunakan screw, dan barrel berbahan bronze. Mesin ini memiliki dimensi panjang 960 mm x lebar 500 mm x tinggi 800 mm, Setelah pembuatan dilakukan, evaluasi hasil produk berdasarkan fungsi alat dan kinerja alat. Hasil dari penelitian ini adalah mesin extruder plastik dapat mengeluarkan lelehan plastik secara optimal berupa pintalan tali (filament) dengan kecepatan 68,5 RPM dan suhu  1950 OC.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Luthfi Sonjaya, Politeknik ATI Makassar

Jurusan Teknik Manufaktur Industri Agro

References

Arends dan Berenschot, 1980. Motor Bensin. Jakarta. Erlangga

Basuki, A. T. dan Imamuddin Yuliadi. (2015). Ekonometrika Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Mitra Pustaka Nurani.

Dharmawan, Harsokusoemo. (2000). Pengantar Perancangan Teknik. Jakarta :Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Flin R.A. and P.K. Trojan. 1975. Engineering Materials and Their Aplications.HonhTonMifflinCo.Boston.

Insyaansori., 2013, Motor Induksi Satu Fasa, http://insyaansori. motor induksi 1-fasa. Co. Id, diakses Januari 2016.

Reynolds, William C dan Perkins, Henry C. 1983. Engineering Thermodinamics. McGraw Hill. New York.

Sasse HR, Lehmkamper O, Kwasny-Echterhagen R. 1995. Polymer granulates for masonry mortars and outdoor plaster. Di dalam: Ohama Y, editor. Disposal and Recycling of Organic and Polymeric Construction Materials. Proceeding of the International RILEM Workshop. Tokyo: 26-28 Maret 1995. Chapman & Hall. hlm 75-85.

Simanjuntak, D. L. 2010. Perilaku Penjual Makanan yang Menggunakan Plastik dan Styrofoam di Lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Sumatera Utara. Diakses tanggal 31 Januari 2012.

Sularso, dan Kiyokatsu Suga. 1991. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Sularso. 1987. Pompa dan Kompresor, Jakarta.PT Pradnya Paramita

Sulchan, Mohammad & Endang Nur W. (2007). Food Safety of Plastic and Styrofoam Packaging. Majalah Kedokteran Indonesia, Volume 57, No. 57. UNDIP. Semarang, Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Sonjaya, M. L. (2022). Rancang Bangun Mesin Extruder Plastik Pada Pemanfaatan Limbah Plastik Dengan Menggunakan Screw Dan Barrel Bronze. Majalah Teknik Industri, 27(2), 32–38. Retrieved from https://journal.atim.ac.id/index.php/majalahteknikindustri/article/view/39