Studi Numerik Pengaruh Variasi Pembebanan Troli Pengangkut Barang di Laboratorium Manufaktur ITNY Terhadap Analisis Struktur Menggunakan Metode Elemen Hingga

Penulis

  • Angger Bagus Prasetiyo Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Iman Pradana A. Assagaf Politeknik ATI Makassar
  • Iqbal Rizki Putra Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

DOI:

https://doi.org/10.61844/jemmtec.v2i01.280

Kata Kunci:

Troli, Aluminium 6061, Finite Element Method.

Abstrak

Aktivitas pemindahan barang secara manual sering kita jumpai diberbagai tempat kerja. Pada penggunaan troli barang ini, banyak karyawan yang mengalami keluhan seperti sakit punggung, keseleo pada punggung bagian bawah, bahu dan tungkai sehingga mengakibatkan cedera dan kehilangan produktivitas. Penelitian ini bertujuan merancang ulang rangka troli pengangkut barang Laboratorium Manufaktur ITNY menggunakan material aluminium 6061 guna meminimalisir permasalahan dalam hal perawatan dan pengecetan ulang yang dilakukan secara teratur dan berkala. Metode yang digunakan adalah fenite element method, dengan variasi pembebabanan 10000N, 20000N, 30000N, 40000N, 50000N, 60000N, 70000N, 80000N dan 90000N. Hasil simulasi troli menunjukkan bahwa terjadi kenaikan nilai von mises stress maximum terjadi pada pembebabanan 50000N ke 60000N sebesar 81,43 MPa. Kenaikan deformasi yang paling signifikan terjadi pada pembebaban 50000N ke 60000N sebesar 2,8527mm. Penurunan nilai angka keamanan yang paling signifikan terjadi pada simulasi pembebanan dari 10000N ke 20000N sebesar 3,806. Desain troli yang diusulkan dengan material bahan aluminium 6061 dapat menahan beban hingga 30000N

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2023

Cara Mengutip

Bagus Prasetiyo, A., Ayuhikmatin Sekarjati, K., A. Assagaf, I. P., & Rizaki Putra, I. (2023). Studi Numerik Pengaruh Variasi Pembebanan Troli Pengangkut Barang di Laboratorium Manufaktur ITNY Terhadap Analisis Struktur Menggunakan Metode Elemen Hingga. Journal of Energy, Materials, & Manufacturing Technology, 2(01), 30–39. https://doi.org/10.61844/jemmtec.v2i01.280