ANALISIS KOEFISIEN HAMBATAN PADA DESAIN BODI KENDARAAN TIPE CONCEPT CAR MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK CFD FLUENT
DOI:
https://doi.org/10.61844/jemmtec.v1i01.152Kata Kunci:
aerodinamika, CFD, ansys, gaya drag, concept carAbstrak
Salah satu pengembangan pada suatu kendaaraan adalah desain bodi mobil. Desain mobil tidak hanya ditinjau dari faktor estetika, namun juga berdasarkan bentuk kearodinamisan bodinya. Pengembangan desain kendaraan merupakan salah satu upaya meminimalisir besarnya hambatan aerodinamika pada kendaraan. Konsep desain kendaraan dengan hambatan aerodinamika yang minimal akan mengoptimalkan engine power yang dihasilkan oleh kendaraan. Desain kendaraan dengan pola aliran fluida yang teratur di sekitar kendaraan akan memberikan efek positif terhadap hambatan aerodinamika pada kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan kendaraan concept car yang aerodinamis serta memiliki koefisen hambatan yang rendah untuk meminimalisir kerja engine yang besar sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar, serta menunjukkan pengaruh bentuk bodi terhadap nilai koefisien hambatan yang dihasilkan. Metode simulasi ini dilakukan menggunakan software yang berbasis komputasi dinamika fluida yaitu Ansys 16.0. Dalam simulasi terhadap hasil desain kendaraan tipe concept car yang diuji, digunakan skala 1:1 dengan asumsi ukuran desain dalam kondisi sebenarnya. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian dengan kecepatan angin yang berbeda yaitu 11 m/s, 22 m/s dan 28 m/s. Hal tersebut dilakukan agar didapatkan nilai koefisien hambatan yang valid. Dari hasil simulasi didapat bahwa nilai koefisien hambatan pada desain kendaraan tipe concept car sebesar 0,32. Hal ini menunjukkan nilai koefisien hambatan desain concept car termasuk dalam kategori baik serta memperlihatkan adanya pengaruh bentuk bodi terhadap nilai koefisien hambatan yang dihasilkan pada kendaraan tersebut.