Extracting Knowledge for the Success Factors of Digital Games from the Customer Review of E-Commerce

Penulis

  • Hamdan Gani Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/jeat.v2i1.473

Kata Kunci:

Extracting knowledge, faktor keberhasilan, permainan digital, ulasan pelanggan, e-commerce

Abstrak

Permainan digital telah menjadi salah satu kegiatan paling populer pada user berbagai usia. Meskipun game digital telah diperkenalkan lebih dari 40 tahun yang lalu, tetapi masih sangat sedikit yang diketahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan sebuah game menjadi sukses di pasaran. Dalam hal ini, penelitian ini menyajikan metode baru dan implementasi praktis untuk menggali pengetahuan tentang faktor-faktor yang membuat game digital sukses di pasaran. Pengetahuan yang diperoleh dari penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi perusahaan game dan desainer game dalam strategi pemasaran mereka. Pertama, penelitian ini mengembangkan metode untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan sebuah game sukses dari review pelanggan e-commerce. Kedua, berdasarkan analisis temuan, penelitian ini menyajikan pengetahuan sebagai rekomendasi strategi pemasaran produk game. Hasil review user terhadap e-commerce digunakan sebagai sumber data untuk dianalisis dalam studi eksperimental. Akhirnya, hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode yang diusulkan dapat memperoleh rekomendasi pengetahuan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30