Implementation of Google App Script in Cloud-Based Data Search Application

Penulis

  • Asyraful Insan Asry Poltek ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61844/jeat.v1i2.405

Kata Kunci:

Googla App Scrpt, Cloud, Spreadsheet, HTML, CSS, Javascript, Data, Pencarian Data

Abstrak

Aplikasi pencarian data merupakan bagian penting dalam sistem informasi yang berhubungan dalam pengaksesan data, namun dalam mencari data diperlukan kemudahan dalam pencarian dari sekumpulan data yang tersedia dalam suatu pusat penyimpanan data atau dalam penelitian ini disebut database. Database yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi office cloud Google yaitu spreadsheet.

 Google app script merupakan script berbasis pemrograman javascript yang berjalan disisi server sehingga bisa dikatakan script berbasis cloud khususnya pada platform Google. Keunggulan dari Google app script yaitu dapat memodifikasi aplikasi cloud dari Google, khususnya spreadsheet yang digunakan dalam penelitian ini.

Implementasi Google app script pada pencarian data pada penelitian ini juga menggunakan script tambahan untuk mendesain tatap muka atau user interface aplikasi yang berbasis website, yaitu HTML, CSS dan Javascript.

Tahapan dalam penelitian ini diawali penginputan data awal menggunakan sampel data mahasiswa yang diinput dalam aplikasi google sheet atau spreadsheet kemudian spreadsheet akan memanggil Google app script untuk memodifikasi agar data tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk website dan membuat fungsi pencarian data.  Hasil dari penelitian diharapkan dapat menampilkan data serta dapat melakukan fungsi pencarian dengan baik tanpa harus membutuhkan domain maupun hosting.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30